Pidato Untuk Anak SD Dengan Tema Maulid Nabi Muhammad SAW

Diposkan oleh Muhammad Iqbal on Rabu, 08 Februari 2012
                                                                             
                                                      بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه 
الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ  وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَوَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ                   

Pertama tama mari kita panjatkan puji serta syukur kita kepada Allah swt Sang Penguasa alam semesta ini. Tidak lupa sholawat serta salam semoga tercurahlimpahkan kepada baginda kita semua, yakni habiibana wanabiiyanaa Muhammad Saw.

Tentu kita semua tahu akan sifat Rasulullah saw yang sangat mulia dan patut untuk diteladani. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan coba membahas mengenai ‘4 sifat Rasulullah saw yang sudah tertanam semenjak ia kecil dan patut untuk kita tiru’

Yang Pertama,  Shiddiq artinya adalah benar. Bukan hanya perkataannya yang benar, tapi juga perbuatannya juga benar. Beliau dalam berkata tidak pernah sedikitpun berkata bohong, seperti halnya ketika beliau berdagang. Tidak pernah beliau menipu pembeli. Sehingga pembeli merasa nyaman dan aman ketika membeli dagangannya, dan masih banyak contoh yang lainnya.

Yang kedua,  Amanah artinya dapat dipercaya. Lawan dari amanah adalah khianat. Sifat ini sejak kecil dimiliki oleh Nabi. Karena sifat amanahnya ini Nabi dipercaya menggembala kambing milik paman dan tetangganya. Juga dipercaya membawa barang dagangannya.

Yang ketiga,  Tabligh artinya menyampaikan. Segala firman Allah SWT yang ditujukan oleh manusia, disampaikan oleh Baginda. Tidak ada yang disembunyikan. meski itu menyinggung Nabi.

Yang ke empat,  Fathonah artinya Cerdas. Mustahil Nabi itu bodoh atau jahlun. Dalam menyampaikan 6.236 ayat Al Qur’an kemudian menjelaskannya dalam puluhan ribu hadits membutuhkan kecerdasan yang luar biasa.Nabi harus mampu menjelaskan firman-firman Allah kepada kaumnya sehingga mereka mau masuk ke dalam Islam. Nabi juga harus mampu berdebat dengan orang-orang kafir dengan cara yang sebaik-baiknya.

Begitu mulianya sifat Rasulullah Saw yang dapat dijadikan contoh/tauladan bagi kita semua. Mudah-mudahan kita dapat memperaktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Amiin.
Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurangnya mohon di ma’afkan. Wassalaamu’alaikum warahmatullaahiwabarakaatuh



Komentar Facebook
0 Komentar Blogger
Twitter

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot