Wednesday, April 18, 2012

Semesta di Dalam Tubuh Kita



Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan? (QS 51:21)

Gambar dibawah ini mungkin terlihat seperti pendaratan alien di sebuah planet atau sesuatu dari film fiksi ilmiah, tetapi sebenarnya gambar di bawah menunjukkan virus yang disebut phages yang sedang menyerang bakteri - sesuatu yang terjadi secara teratur dalam semua tubuh kita, membantu sistem kekebalan tubuh kita.



Ini hanyalah beberapa dari 100 trilyun atau lebih organisme hidup pada atau di dalam tubuh manusia yang tidak berbahaya bagi manusia, bahkan membantu kita untuk tetap hidup. Jadi alien (mahluk asing) apakah mereka ini dan apa manfaatnya bagi kesehatan kita?

Ini mungkin terlihat seperti invasi alien tapi ini adalah sesuatu yang terjadi secara teratur dalam semua tubuh kita, membantu sistem kekebalan tubuh kita


Food Busters
Bakteri bertanggung jawab untuk penyakit yang tidak menyenangkan, dari tetanus hingga TBC. Tetapi bakteri yang berada dalam perut dan usus manusia,  membantu kita untuk mencerna makanan yang sulit untuk di cerna, seperti karbohidrat. Bakteri ini membantu memecahnya sehingga menjadi molekul yang lebih kecil.

Mereka juga mencegah bakteri berbahaya seperti Clostridium difficile (C.diff) dengan menutup permukaan usus sehingga bakteri yang tidak diinginkan tidak mungkin berkembang biak disitu.

Usus buntu, seringkali keliru dianggap sebagai embel-embel tidak berguna, sebenarnya bertindak sebagai semacam reservoir bakteri di mana mereka dapat beristirahat dan memulihkan diri.

Tubuh Anda bahkan memproduksi antibodi khusus, bahan kimia defensif yang biasanya memiliki peran menyerang mikroba berbahaya, dan membantu bakteri.

Antibodi IgA (immunoglobulin A) membentuk struktur pelindung bakteri yang membantu di dalam perut kita dan mencegah mereka hanyut.


Alien Power Cells
Kebanyakan sel dalam tubuh mengandung mitokondria. Ini adalah polong sangat kecil, sekitar se per limapuluh dari lebar rambut manusia, kadang-kadang disebut sel pembangkit tenaga, karena tugas mereka adalah untuk menyimpan energi yang kita dapatkan dari apa yang kita makan.

Mereka menggabungkan oksigen dengan glukosa dan zat-zat lain dari sistem pencernaan kita yang berasal dari makanan, untuk menghasilkan zat kimia yang disebut ATP.

Energi ini kemudian akan digunakan untuk memberi tenaga pada tubuh kitaa - baik ituh itu untuk membuat denyut jantung atau pergerakan otot otot kita lainnya - berasal dari senyawa ini.

Molekul memiliki ikatan antara atom yang mudah rusak untuk mengeluarkan energi.Yang paling luar biasa tentang mitokondria adalah bahwa mereka tampaknya pernah menjadi bakteri yang menjadi bagian dari sel dalam hubungan yang saling menguntungkan. Mereka secara struktural sangat mirip dengan bakteri dan memiliki DNA sendiri. Bahkan ada bakteri yang disebut SAR11, yang genetikanya serupa dengan mitokondria dan diperkirakan mereka memiliki leluhur yang sama dengan mitokondria.

Meskipun mitokondria pernah menjadi spesies terpisah, mereka sekarang merupakan bagian penting dari tubuh Anda.


Virus yang Bersahabat
Virus dapat menyebabkan bermacam penyakit, dari virus flu biasa hingga HIV dan cacar. Namun, beberapa virus bertugas sebagai petugas medis alami - yaitu bacteriophages atau singkatnya disebut phages. Saat virus yang tidak kita sukai menghancurkan sel-sel kita, phages, yang terlihat seperti miniatur alien, menyerang bakteri. Mereka menyuntikkan DNA mereka sendiri ke dalam bakteri, menggunakannya sebagai host/inang untuk menghasilkan lebih banyak virus, dan menghancurkan bakteri dalam prosesnya.

Phages masuk ke dalam tubuh manusia dari udara atau melalui kontak, seperti virus lainnya. Kita menangkap mereka sepanjang waktu, dan mereka tidak bertahan lama pada sistem kita karena sel kekebalan kita mengenalinya dan menghilangkannya. Pada saat itu mereka telah direproduksi dan telah diteruskan, dan siklus ini berjalan terus. Mereka juga dapat dibiakkan secara buatan di laboratorium dan diperkenalkan ke dalam tubuh sebagai vaksin.

Satu harapan dalam perang melawan infeksi seperti MRSA yang semakin menjadi resisten terhadap antibiotik, adalah dengan menggunakan fag.


Penghuni Bulu Mata
Jika kita menempatkan bulu mata atau alis di bawah mikroskop, mungkin beberapa dari kita yang belum tahu akan terkejut. Sekitar setengah populasi memiliki makhluk transparan kecil sekitar sepertiga milimeter panjangnya yang disebut tungau bulu mata yang hidup pada sel-sel kulit lama dan sebum (minyak kulit) di dasar rambut. Tapi tidak seperti kutu, mereka tidak begitu membahayakan.

Meskipun mereka menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang, kebanyakan dari kita tidak akan pernah tahu mereka ada disana, mereka melakukan pembilasan kulit mati dan minyak berlebih seperti ikan pilot yang berkerumun di sekitar hiu untuk mengambil parasit-parasit dari ikan hiu.

Kita mendapat tungau bulu mata saat kita melakukan kontak muka langsung dengan orang lain - dan tungau ini tampaknya lebih memilih host yang lebih tua karena mereka cenderung memiliki kulit yang lebih berminyak.


Cacing yang Diinginkan
Kata "cacing" saja, cukup membuat kebanyakan orang jijik. Namun untuk sebagian besar keberadaan kita, semua manusia memiliki worm, dan tubuh kita telah mengembangkan pertahanan untuk meminimalkan dampaknya.

Ilmu pengetahuan yang kita miliki memang masih pada tahap awal tetapi ada bukti kuat bahwa kondisi yang meningkat tajami selama abad ke-20 - khususnya penyakit autoimun seperti Crohn dan beberapa alergi - mungkin adalah sebuah over-reaksi dari tubuh kita karena sistem kekebalan tubuh kita yang seharusnya memerangi cacing, namun cacing itu tidak lagi hadir.

Penelitian di University College London menunjukkan bahwa penggunaan yang tepat dari cacing dapat menghasilkan respon imun yang lebih terkontrol.

Salah satu percobaan terbaru dari terapi cacing (dikenal sebagai helminthic therapy) sedang dilakukan oleh Universitas Nottingham untuk memonitor setiap pengurangan dalam gejala multiple sclerosis setelah infeksi dengan jenis cacing tambang. Banyak cacing bersifat merusak, tapi mungkin bagi mereka yang menderita kondisi ini akan mendapatkan keuntungan dari reintroduksi cacing yang khusus dipilih, yang tubuh mereka memperlakukannya sebagai mitra alami.


Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu? (QS 41:53)


Maha Benar Allah yang Maha Suci

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.