Monday, May 21, 2012

Foto-foto Gerhana Matahari 20 Mei 2012

Para pengamat langit dari Gunung Fuji hingga Grand Canyon menikmati fenomena: bulan yang hampir menutupi matahari dan menciptakan 'cincin api' yang dramatis diatas strip sempit timur Asia dan barat Amerika Serikat.

Gerhana annular, di mana bulan lewat di depan matahari dan hanya menyisakan cincin emas di sekitar tepi, terlihat di Asia Senin pagi ini. Kemudian bergerak melintasi Pasifik - dan batas penanggalan internasional - dan terlihat di bagian barat Amerika Serikat hari Minggu sore.

Di Jepang, 'tur gerhana' diatur di sekolah dan taman, kapal pesiar dan bahkan pesawat terbang pribadi. Peristiwa serupa diselenggarakan di Cina dan juga Taiwan, dengan peringatan bagi para pengamat untuk melindungi mata mereka.

Di AS, acara "nonton bareng" diadakan di observatorium di Reno, Nevada, dan Oakland, California, dan di tempat lain. Di beberapa daerah, filter kamera khusus untuk mengambil foto telah terjual habis selama berminggu-minggu untuk mengantisipasi peristiwa besar ini.

Cincin api: gerhana annular langka seperti yang terlihat dari Albequerqe, New Mexico, salah satu negara bagian sebelah barat di mana gerhana ini paling terlihat

Peristiwa yang tidak biasa berdiri menentang langit malam di Odessa, Texas

Gerhana Parsial: Bulan bergerak antara bumi dan matahari, menghalangi beberapa cahaya

Langit tanpa Awan di atas Grand Canyon memberikan kesempatan kepada pengamat untuk menyaksikan pemandangan indah dari peristiwa astronomi ini
Orang-orang dari Colorado, Oklahoma dan yang jauh seperti Kanada pergi ke Albuquerque untuk menikmati salah satu titik pandang terbaik di sebuah taman di pinggir kota.

Kerumunan orang-orang yang menanti peristiwa ini, tersenyum dan bersorak serta berteriak dengan kegembiraan saat bulan melintasi matahari dan halo cahaya mulai terbentuk. Beberapa menyaksikan gerhana dengan menempatkan kacamata khususnya pada bagian depan smartphone mereka. Akhirnya, bulan berpusat dan menutupi sekitar 96 persen dari matahari.

Gerhana ini disiarkan langsung di TV Tokyo, di mana gerhana sejenis belum pernah terlihat sejak tahun 1839. Kru TV Jepang menyaksikan dari puncak Gunung Fuji dan bahkan mengintai di selatan kebun binatang Tokyo untuk menangkap reaksi dari simpanse - yang tidak memerhatikan.

Sebuah hujan ringan melanda Tokyo saat gerhana dimulai, namun awan yang menipis saat gerhana mencapai puncaknya, menyediakan kondisi yang hampir sempurna bagi masarakat tokyo untuk melihat gerhana ini. Kebanyakan masarakat Tokyo belum pernah melihat peristiwa ini.

Gambar ini menunjukkan bagaimana langit berubah di atas bangunan kuno di Pueblo Bonito Chaco Taman Nasional Budaya Bersejarah di Nageezi, Arizona

Fase: Gambar komposit dari gerhana yang terlihat dari Tokyo pada Minggu malam
Di Museum Astronomi Taipei, Taiwan, tontonan muncul dari awan gelap hanya sekitar 30 detik. Tapi pandangan yang hampir sempurna terlihat di langit oranye Manila. Hong Kong skywatchers tidak begitu beruntung.

C besar: Gerhana annular Matahari yang terlihat di langit Chandler, Arizona

Foto ini adalah gerhana matahari di pusat kota Fort Worth, Texas
Beberapa ratus orang berkumpul di sepanjang pantai di Kowloon yang terkenal Hong Kong Victoria Harbor, kebanyakan dari mereka mahasiswa atau komuter dalam perjalanan mereka untuk bekerja. Gerhana sudah berlangsung saat matahari mulai naik, tapi awan tebal menghalangi pemandangan.

Gerhana mengikuti path sempit  8.500 mil selama 3 1/2 jam. Fenomena cincin berlangsung sekitar lima menit, tergantung pada lokasi. Orang-orang di luar pita sempit (narrow bang) ini melihatnya sebagai gerhana parsial.

'Cincin Api' gerhana annular tidak sedramatis gerhana total, ketika piringan matahari sepenuhnya diblokir oleh bulan. Bulan terlalu jauh dari Bumi dan muncul terlalu kecil di langit untuk dapat menghalangi sinar matahari sepenuhnya.

Alangkah indah: Sebuah pesawat terbang melintasi gerhana matahari annular dari kota Taguig, sebelah timur Manila, Filipina

Gerhana tercermin dalam genangan air di Beijing, Cina
Dokter dan pejabat pendidikan telah memperingatkan dari cedera mata dari melihat yang tidak benar. Sebelum acara dimulai, Menteri Pendidikan Jepang, Hirofumi Hirano, menunjukkan bagaimana menggunakan kacamata gerhana dalam konferensi pers yang disiarkan televisi. Polisi juga memperingatkan terhadap kecelakaan lalu lintas - memperingatkan driver untuk menjaga mata mereka agar tetap ke jalan.

Gerhana matahari, di mana bulan lewat di depan matahari hanya menyisakan cincin emas di sekitar tepi, terlihat sesaat di awan di atas Taipei, Taiwan

Sebuah gerhana parsial terlihat dari Tokyo saat matahari dan bulan selaras di atas bumi

Sebuah pesawat terbang di atas gerhana matahari annular dalam gambar yang menakjubkan dari Irving, Texas

Path: Gerhana dimulai di Asia Timur pada Senin lalu melintasi Pasifik utara berakhir di barat AS

Subhanallah

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.