Bahaya Ghibah/Membicarakan Kejelekan Orang Lain

Diposkan oleh Muhammad Iqbal on Jumat, 29 Juni 2012


http://sphotos.xx.fbcdn.net/hphotos-ash4/264171_178647825527574_6515958_n.jpg
Pada acara televisi dimulai dari pagi kita sudah di ajari untuk melakukan gibah, yakni membicarakan kejelekan orang lain pada acara infotainment, yang mana hal ini di dalam Islam diharamkan. Hal inipun telah diingatkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. bertanya kepada para sahabatnya :

"Tahukah kalian, apakah ghibah itu?" mereka menjawab: Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Engkau menyebut saudaramu dengan sesuatu yang tidak ia sukai, maka jika kamu berkata benar, sungguh kamu telah menggunjingnya(ghibah) dan jika kamu tidak berkata benar padanya maka kamu telah berdusta padanya (fitnah).(HR.Muslim)

Dalam Al-Qur'an QS. Al Hujurat 49:.Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :

"Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya."

Ghibah berakibat terkena azab pada hari kiamat. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela"(QS.Al Humazah 104:1)

Kita sering tidak sadar dengan lisan kita ketika kita sedang mengobrol, lebih baik kita membicarakan yang lebih bermanfa'at dari pada membicarakan kejelekan orang lain. Orang yang cerdas adalah orang yang dapat memilih dan memilah apa yang akan dibicarakannya.
Dengan gibah seseorang dapat hancur karena aib yang ada pada dirinya menjadi terbuka, lebih baik kita mencari kesalahan diri kita sendiri dan mengoreksinya dari pada kita mencari segala kesalahan orang lain karena tidak ada satupun manusia yang sempurna...
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger
Twitter

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot