-->
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.com (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, dan Follow Indoking Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru

Friday, June 29, 2012

Bahaya Ghibah/Membicarakan Kejelekan Orang Lain



http://sphotos.xx.fbcdn.net/hphotos-ash4/264171_178647825527574_6515958_n.jpg
Pada acara televisi dimulai dari pagi kita sudah di ajari untuk melakukan gibah, yakni membicarakan kejelekan orang lain pada acara infotainment, yang mana hal ini di dalam Islam diharamkan. Hal inipun telah diingatkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. bertanya kepada para sahabatnya :

"Tahukah kalian, apakah ghibah itu?" mereka menjawab: Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Engkau menyebut saudaramu dengan sesuatu yang tidak ia sukai, maka jika kamu berkata benar, sungguh kamu telah menggunjingnya(ghibah) dan jika kamu tidak berkata benar padanya maka kamu telah berdusta padanya (fitnah).(HR.Muslim)

Dalam Al-Qur'an QS. Al Hujurat 49:.Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :

"Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya."

Ghibah berakibat terkena azab pada hari kiamat. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela"(QS.Al Humazah 104:1)

Kita sering tidak sadar dengan lisan kita ketika kita sedang mengobrol, lebih baik kita membicarakan yang lebih bermanfa'at dari pada membicarakan kejelekan orang lain. Orang yang cerdas adalah orang yang dapat memilih dan memilah apa yang akan dibicarakannya.
Dengan gibah seseorang dapat hancur karena aib yang ada pada dirinya menjadi terbuka, lebih baik kita mencari kesalahan diri kita sendiri dan mengoreksinya dari pada kita mencari segala kesalahan orang lain karena tidak ada satupun manusia yang sempurna...

Muhammad Iqbal

Author :

Setelah anda membaca artikel berjudul Bahaya Ghibah/Membicarakan Kejelekan Orang Lain jika ingin menyalin (copy-paste) artikel ini, sertakan link dibawah ini sebagai sumbernya :

Newer Post Older Post Home
Comments

0 comments:

Post a Comment

Panduan Memberi Komentar
1.Masukan komentar anda
2.Lalu pada kata 'beri komentar sebagai' , pilih account yang anda punya, bagi yang belum mempunyai account pilih Name/url, isi nama anda dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat facebook anda(untuk mengetahui alamat facebook anda silahkan login ke facebook dan pilih profile anda, anda dapat melihat alamat Facebook anda di atas, contoh alamat Facebook punya saya http://www.facebook.com/profile.php?id=1823916177
3.dan kemudian Publikasikan
4.Selesai dan anda tinggal menunggu komentar anda muncul
Semoga bermanfa'at.