Thursday, June 21, 2012

Dua Galaksi Yang Seakan Bertabrakan



Dua galaksi pada foto dramatis dibawah ini seakan akan sedang menabrak satu sama lain dalam putaran kegilaan yang besar.

Namun, tidak perlu panik, atau tak perlu menghubungi polisi ruang angkasa, karena ada kekosongan ruang sebesar puluhan juta tahun cahaya antara dua galaksi yang bernama NGC 3314A dan B. Kedekatan mereka sebenarnya hanyalah sebuah tipuan perspektif.




Bagaimana kita tahu? Ciri-ciri yang paling mudah dikenali, apakah galaksi berinteraksi biasanya terlihat dari bentuk mereka. Gaya gravitasi yang sangat besar yang terlibat dalam merger galaksi cukup untuk merubah galaksi keluar dari bentuk lama sebelum benar-benar bertabrakan.


Deformasi galaksi seperti ini tidak hanya melengkungkan struktur, tetapi dapat memicu episode baru dari pembentukan bintang, biasanya terlihat sebagai bintang biru cerah dan nebula yang bersinar merahmuda. Hal ini menunjukkan bahwa dua galaksi diatas tidak sedang bertabrakan.


Studi tentang gerakan dua galaksi diatas menunjukkan bahwa mereka berdua relatif tidak terganggu, dan bahwa mereka bergerak secara independen satu sama lain.




Namun, dalam kasus NGC 3314, kita memang melihat deformasi di galaksi latar depan (disebut NGC 3314A, NGC 3314B terletak di latar belakang), dan ini bisa menyesatkan. Bentuk NGC 3314A yang sedikit porak-poranda, terutama terlihat di bagian bawah dan di sebelah kanan inti, di mana jalur bintang-bintang biru-putih yang panas membentang keluar dari lengan spiral, BUKAN karena interaksi dengan galaksi di latar belakang.


Bentuk melengkung NGC 3314A adalah mungkin karena bertemu dengan galaksi lain, yang bisa jadi adalah NGC 3312 (terlihat di sebelah utara di gambar yang lebih besar) atau galaksi lain di dekatnya.


Jalur debu NGC 3314B, tampil jauh lebih terang dibanding NGC 3314A. Ini bukan karena galaksi itu yang tidak/hanya sedikit memiliki debu, melainkan karena debudan gas galaksi NGC 3314B diterangi oleh bintang-bintang di latar depan.


Awan Debu dan gas di NGC 3314A, juga di terangi oleh bintang-bintang di NGC 3314B, membuat mereka sperti silhouet dengan latar belakang cerah.


Alignment (keselarasan) galaksi seperti ini juga berguna untuk para astronom untuk mempelajari microlensing gravitasi, sebuah fenomena yang terjadi ketika bintang-bintang di satu galaksi menyebabkan gangguan kecil dalam terang yang datang dari bintang yang lebih jauh. Memang, sebenarnya pengamatan NGC 3314 yang menghasilkan foto ini dilakukan untuk menyelidiki fenomena ini.


NGC 3314Asekitar 117 juta tahun cahaya dari kita, sedangkan NGC 3314B sekitar 140 juta tahun cahaya. Keduanya terletak di konstelasi Hydra.




Subhanallah

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.