Tuesday, June 26, 2012

Keajaiban Musamus Rumah Semut Raksasa

MERAUKE - Kalau pergi ke Merauke kita heran dengan rumah semut raksasa yang ada di sana. Bagaimana tidak? Biasanya kita melihat rumah semut paling tinggi sebesar ibu jari kita, namun di Merauke rumah semut menjadi setinggi hampir 3 meter lebih, bahkan ada yang sampai 5 meter juga.


Foto Suku Ifimahat (Salor, Merauke-Papua) dengan Rumah Rayap http://nationalgeographic.co.id/


Rumah semut,begitu orang menyebutnya, namun semut yang dimaksud  adalah semut putih atau koloni rayap. Menggunakan campuran dari rumput kering sebagai bahan utama dan liur sebagai semen untuk merekatkannya, dibutuhkan waktu yang lama untuk membangun istana rayap ini.


Rayap yang membangun musamus adalah rayap dengan jenis macrotermes sp. Rayap ini canggih karena hasil karyanya menurut para ahli adalah bangunan tahan gempa. Memang benar juga sebab  Musamus ini sudah ada sejak puluhan tahun dan tetap berdiri.




Musamus selain tahan gempa juga punya keistimewaan ventilasi udara yang bisa membuat suhu selalu hangat dan tidak terpengaruh cuaca luar, rayap ini menerapkan rahasia alam yang baru terungkap sebagian saja oleh para peneliti.
Musamus2.jpg
Rumah rayap, warga Merauke menyebut dengan bomi banyak terdapat di sisi jalan di Taman Nasional Wasur, Papua (Foto: KOMPAS/EDDY HASBY)

 
Inilah Sang Arsitek Sedanga Mengawasi Musamus, Kemegahan Istana Sang Rayap


Musamus adalah rumah semut dengan bentuk seperti buah belimbing yang dipotong salah satu bagian ujungnya lalu didirikan, warnanya coklat dan menjadi sangat unik untuk dipandang. Keajaiban musamus ini bisa ditemukan Taman Nasional Wasur Merauke.




G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.