Wednesday, June 27, 2012

Laut Mati (Dead Sea)


Laut Mati, juga dikenal sebagai Laut Asin, adalah sebuah danau garam yang berbatasan dengan Yordania di sebelah timur dan Israel serta Tepi Barat (West Bank) di barat. Ini adalah danau hypersaline yang benar-benar menjadi salah satu tempat yang unik bumi. Di bawah ini Anda akan menemukan sepuluh fakta menarik bersama dengan galeri foto tempat ini menarik.



1. Permukaan dan tepian Laut Mati adalah 423 meter (1.388 kaki) di bawah permukaan laut, sehingga menjadikannya daratan/elevasi darat terendah di bumi. Yang menarik, ada yang berpendapat bahwa kekalahan bangsa romawi/Byzantium oleh bangsa Persia yang dimaksud dalam surat Ar-Ruum adalah kekalahan yang terjadi pada peperangan yang berlokasi di sekitar laut mati ini. Sehingga kata "fii adna ardhi" pada surat Ar-Ruum ayat 3 seharusnya diterjemahkan secara harfiah menjadi "di bumi bawah/rendah", sesuai dengan pengetahuan kita saat ini bahwa tepian Laut Mati adalah daratan terendah di bumi. Wallahualam.


2. Laut Mati memiliki kedalaman 377 m (1.237 ft), sehingga membuatnya menjadi danau hypersaline terdalam di dunia. Sebuah danau hypersaline adalah badan air yang terkurung daratan yang mengandung konsentrasi natrium klorida yang signifikan atau garam-garam mineral lainnya, dengan tingkat melebihi kadar garam air laut.


3. Dengan salinitas 33,7%, Laut Mati adalah salah satu obyek garam tertinggi di dunia. Meskipun Danau Assal (Djibouti), Garabogazk√∂l dan beberapa danau hypersaline dari Lembah Kering McMurdo di Antartika (seperti Don Juan Pond) telah melaporkan salinitas yang lebih tinggi.

Deposit garam di pantai barat laut mati di israel

4. Laut Mati memiliki konsentrasi garam yang luar biasa tinggi sehingga orang dapat dengan mudah mengapung di Laut Mati karena daya apung alami. Dalam hal ini Laut Mati mirip dengan Great Salt Lake di Utah  Amerika Serikat.


5. Laut Mati kira-kira 8,6 kali lebih asin dari laut. Salinitas ini membuat lingkungan yang keras di mana binatang tidak dapat berkembang (sesuai namanya). Salinitas tinggi mencegah organisme air makroskopik seperti ikan dan tanaman air untuk hidup di dalamnya, meskipun jumlah yang sangat kecil dari bakteri dan jamur mikroba tetap ada disana.


6. Laut Mati memiliki panjang sekitar 67 kilometer (42 mil) dan lebar 18 kilometer (11 mil) pada titik terlebar. Itu terletak di Lembah Rift Yordania dan anak sungai utamanya adalah Sungai Yordan.


7. Daerah Laut Mati telah menjadi pusat utama untuk berbagai penelitian kesehatan dan pengobatan untuk beberapa alasan. Kandungan mineral dari air, kandungan yang sangat rendah dari serbuk sari dan alergen lainnya di atmosfer, komponen ultraviolet yang mengurangi radiasi matahari, dan tekanan atmosfer yang lebih tinggi pada kedalaman yang besar, masing-masing memiliki efek kesehatan tertentu.


8. Menurut Alkitab, Laut Mati adalah tempat perlindungan bagi Raja Daud. Itu adalah salah satu resor pertama di dunia kesehatan (bagi Herod the Great), dan telah menjadi pemasok berbagai produk, dari balsem untuk mumifikasi Mesir hingga garam abu untuk pupuk. Sedangkan beberapa orang islam percaya bahwa laut mati dahulunya adalah kota sodom dan gomorah yang dihujani batu dan dibalik oleh Tuhan.

pemandangan laut mati dari ruang angkasa oleh NASA
9. Sebuah fitur yang tidak biasa dari Laut Mati adalah pelucutan aspal. Merembes dari kedalaman, Laut Mati terus mengeluarkan substansi hitam dari kerikil kecil hingga blok hitam. Patung-patung terlapisi aspal dan juga tengkorak-tengkorak Neolitikum dari situs arkeologi yang telah ditemukan. Proses Mumifikasi Mesir menggunakan aspal yang diimpor dari kawasan Laut Mati.


10. Jalan terendah di dunia, Highway 90, membentang sepanjang pantai Laut Mati Israel dan Tepi Barat di 393 m (1.289 kaki) di bawah permukaan laut.

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.