Monday, June 11, 2012

Menstem Gitar dengan cara membandingkan dengan Piano


Dari gambar terlihat, bahwa senar E tinggi (no 1, high E) pada gitar sama dengan(=) nada E pada piano juga. Kemudian senar B pada gitar = nada B pada piano, senar G pada gitar = nada G pada piano. Senar D pada gitar = nada D pada piano. Senar A pada gitar = nada A pada piano. Senar E rendah(no 6, Low E) pada Gitar = nada E pada piano. Untuk menstem gitar, ya samakan saja nadanya, dengan piano, putar tuner gitar lebih kencang atau kendor sambil dipetik dan didengarkan hingga didapat nada yang sama dengan piano(tentunya ada seorang teman lagi yang membantu menekan tuts piano pada posisi nada seperti pada gambar), memang butuh kepekaan untuk membandingkan bunyi dalam hal ini, akan tetapi dengan sering berlatih, lama-lama juga bisa :).
Kenapa demikian? Karena hampir semua alat musik barat mengikuti standar yang sudah diakui internasional(nada A = 440 Hz, ada sejarahnya akan hal ini, menurut kesepakatan ahli-ahli fisika, tapi kita tidak membicarakan disini, terlalu panjang)
Adapun alat-alat musik etnis misalnya gamelan jawa, semuanya memiliki standar sendiri-sendiri.

Perlu diketahui juga bahwa middle C pada piano = nada C pada gitar(senar A fret 3). Buat teman di Malaysia yang menunggu ulasan saya, semoga ini bisa menjawab pertanyaan anda.

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.