Cara Baru Melihat Hilal

Diposkan oleh Muhammad Iqbal on Rabu, 18 Juli 2012

Perbedaan furuq yang biasa terjadi adalah penentuan bulan Hijriyah, terutama penentuan bulan Ramadhan dan bulan Syawal karena hal ini menyangkut kemaslahatan umat dalam penentuan memulai puasa dan mengakhiri puasa. Sebagai orang yang awam, terkadang kita bingung harus memilih yang mana, percaya perhitungan hilal (hisab) atau melihat secara langsung (rukyat). Sekali lagi saya tegaskan, perbedaan ini hanya perbedaan yang bersifat furuq, jadi tidak perlu kita memperdebatkan lebih jauh. Kedua metode tersebut sama-sama dapat dibenarkan. Lebih jelasnya lihat beberapa ayat Qur'an dan Hadist di http://persis.or.id/?mod=content&cmd=news&berita_id=1377

Seiring berkembangnya dunia teknologi yang semakin canggih, tentu akan menimbulkan pemikiran-pemikiran yang berbeda pula, begitu halnya dengan definisi melihat hilal. Prinsip penentuan hilal dapat Anda lihat di http://www.al-azim.com/masjid/bulan.html. Dalam permasalahan penentuan Idul Fitri pada Agustus 2011, dua organisasi Islam yang menggunakan prinsip hisab, Muhammadiyah dan Persis sudah mengeluarkan keputusan, yang dimana Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri pada 30 Agustus 2011 (Press Release Muhammadiyah) sedangkan Persis menetapkan Idul Fitri pada 31 Agustus 2011 (Press Realese Persis)

Maka dari itu, dalam menghadapi perebedaan yang ada, tidak ada salahnya kita berusaha memantapkan diri. Salah satunya dengan melihat hilal melalui software Stellarium. Dengan software ini, kita dapat melihat ruang angkasa layaknya planetarium. Di sini saya mencoba untuk "melihat" posisi hilal yang menjadi Itjimak menjelang Syawwal versi Muhammadiyah, yaitu pada Senin 29 Agustus 2011 pukul 10:05:06 WIB dengan posisi dari kota Yogyakarta (info : Itjimak Persis pada pukul 10.04 WIB, jadi hanya beda satu menit).



Sekarang kita lihat kriteria hilal dalam http://www.al-azim.com/masjid/bulan.html


Menurut capture dari software ini, posisi derajat dapat dibilang sudah cukup sesuai dengan kriteria gambar hilal pada http://www.al-azim.com/masjid/bulan.html. Sekali lagi, semua kembali kepada Anda, pilih yang mana? Kembali pada keyakinan Anda masing-masing :)

Bagi Anda yang ingin mendalami hisab Hakiki yang dilakukan oleh Muhammadiyah, Anda dapat download Panduan Hisab Muhammadiyah dalam format PDF
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger
Twitter

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot