Monday, September 3, 2012

Hati-Hati! Facebook Intip Aktivitas Penggunanya Selama Browsing di Internet

Hati-Hati! Facebook Intip Aktivitas Penggunanya Selama Browsing di Internet- Seorang ahli teknologi asal Australia, Nik Cubrilovic, menggemparkan dunia maya setelah mengeluarkan pernyataan bahwa Facebook terus menguntit pengguna meski mereka sudah logout dari akun mereka. Demikian dilansir Sydney Morning Herald, Senin 26 November 2011.


facebook spy - be careful on using facebook
Facebook Spy - Be Careful on Facebook
Secara terpisah, setelah meluncurkan fitur Timeline yang langsung bisa diakses oleh para penggunanya memperlihatkan sebuah fitur yang membolehkan seseorang melihat siapa yang menghapus mereka dari daftar pertemanan.
Perubahan lainnya, tampilan profil mirip dengan scrapbook dari kehidupan si pengguna dan didesain untuk memberikan keleluasaan kepada 800 juta user untuk berbagi mengenai apa yang mereka baca, dengar, atau nonton secara realtime.
Namun, sesuatu yang menakutkan kini muncul setelah Nik Cubrilovic melakukan sejumlah tes yang memperlihatkan walaupun user sudah logout dari Facebook ketimbang menghapus semua cookies, Facebook malah memodifikasi, mempertahankan informasi akun, dan token unik lainnya untuk mengidentifikasi pengguna.
Jadi kemanapun user berkunjung di dunia maya, selama situs tersebut memasang tulisan Facebook button atau widget, browser tetap mengirim detail ke Facebook. “Meski Anda sudah logged out namun Facebook masih menguntit situs mana yang Anda telah kunjungi,” kata Cubrilovic.
Wah bahaya juga nih kalo emang pernyataan Cubrilovic itu benar. Sikap facebook telah menyerang kerahasiaan dan privasi penggunanya tanpa mereka sadari. Entah apa pula sebenarnya keuntungan yang mungkin facebook dapatkan dengan bersikap demikian. Tapi yang jelas kita harus tetap berhati-hati dan bijak dalam memanfaatkan media social network sebesar facebook. Karena bisa saja ada pihak-pihak yang memanfaatkan “ketidaktahuan dan kelengahan” kita untuk tujuan yang tidak benar. Namun tak perlu pula kita sikapi informasi ini dengan ketakutan berlebihan, kita masih bisa mengakalinya dengan cara yang mudah. Satu solusi yang penting adalah kita dapat menghapus semua cookies Facebook yang ada di browser atau menggunakan browser terpisah jika melakukan interaksi di Facebook. 

Demikian artikel  tentang  Hati-Hati! Facebook Intip Aktivitas Penggunanya Selama Browsing di Internet yang bisa saya share, semoga dapat bermanfa'at :D

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.