Sunday, October 21, 2012

Cara Memegang gitar dan posisi duduk terbaik

Cara Memegang gitar dan posisi duduk terbaik dalam belajar gitar itu sangatlah penting untuk mempercepat dan membuat anda rilek dalam memainkan jari jemari anda di fretbroad gitar, cara memegang dan cara duduk juga berpengaruh kepada daya jangkau jari anda dalam bermain melodi maupun untuk membentuk kunci gitar yang memerlukan bentangan jari yang jauh. Banyak sekali orang yang belum mengetahui kenapa jarinya tidak bisa maksimal bila di bentangkan yang akhirnya tidak bisa menjangkau beberapa bentuk melodi dan bentuk kunci gitar yang ingin dia mainkan. 
Pada dasarnya bentuk memegang gitar dan cara duduk dalam bermain gitar itu ada 2 varian yaitu posisi klasik dan posisi casual. Posisi klasik biasa di lakukan oleh para pemain gitar yang beraliran klasik seperti neoclasical dan flamenco/flamengo (Klasik Spanyol dan Latin). Sedangkan posisi casual lebih sering di mainkan oleh para pemain gitar yang terbilang labih modern, seperti gitaris zaman sekarang.
Secara lebih detail dari cara memegang dan duduk dalam bermain gitar adalah sebagai berikut :
  1. Cara memegang gitar klasik dan casual.

    • Klasik : Ibu jari tangan kiri akan memegang pertengahan leher gitar, posisi ini sangat menguntungkan untuk sang pemain klasik dalam menjangkau beberapa kunci gitar yang memerlukan bentangan jari karena dengan ibu jari di tempatkan di tengah leher gitar. Cara memegang seperti ini di anggap cara memegang gitar yang benar oleh kebanyakan guru gitar.
    • Casual : Ibu jari memegang lebih ke atas leher gitar, posisi ini juga tidak kalah banyak yang menggukanakan terutama oleh para pemain blus dan rock n roll. Posisi ini lebih menguntungkan buat teknik bending dari pada posisi klasik. Hal ini di terangkan langsung oleh Joe Satriani bila ingin bisa bending sampai 1 1/2 nada dan untuk melakukan vibrasi maksimal. Cara casual juga lebih terlihat nyaman bila di mainkan dalam posisi berdiri dan terlihat lebih modis namun juga di katakan cara yang salah bagi beberapa guru gitar.
      Cara klasik dan casula pegang gitar
      Sebelah kiri gaya klasik dan sebelah kanan gaya casual
  2. Cara duduk klasik dan casual.

    posisi klasik bermain gitar
    Duduk gaya klasik


    • Klasik : Posisi duduk seperti ini adalah dengan menempatkan body gitar di atas paha kiri dan posisi gitar miring beberapa derajat, biasanya kaki kiri di beri dudukan biar kaki kiri agak terangkat lebih ke atas dari kaki kanannya.
      gaya casual bermain gitar
      Duduk gaya casual
    • Casual : Kebalikan dari klasik, posisi ini adalah dengan cara menempatkan body gitar di atas paha kanan. Cara seperti ini sangat familiar dan sering di gunakan para pemula bahkan para shreder sekelas Paul Gilbert dan Andy James.
Itulah 2 varian cara memegang gitar dan posisi duduk dalam bermain gitar

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.