Sunday, October 21, 2012

Teknik memetik gitar Picking

Pada kesempatan kali ini saya akan share kepada kalian tentang teknik memetik gitar, teknik memetik gitar ada dua, teknik memetik gitar akustik, dan gitar elektrik . kali ini saya hanya membahas tentang teknik memetik gitar elektrik. memetik gitar elektrik ada 2 istilah : 

       1. Picking , memetik satu senar dan dipetik secara bergantian .
       2.  Strumming, memetik beberapa senar gitar pada waktu yang bersamaan.
Pada gitar elektrik biasanya para gitaris menggunakan alat bantu pick untuk memetik gitar. Dalam konteks teknik picking gitar elektrik ada beberapa teknik yang sering dibicarakan diantaranya downstroke, upstrokre, alternative picking, sweep picking, tremolo picking.
  1.       Downstroke : cara memetik senar dari atas ke bawah.
  2.   .   Upstroke : kebalikan dari “downstroke” cara memetik dari bawah ke atas.
  3.     Alternate picking : gabungan dari “downstroke” dan “upstroke” atau “Upstroke” dan “Downstroke” teknik ini dengan pola down-up(turun naik) atau up-down(naik turun) pada satu senar. Bisa juga lebih dari satu senar, tapi pengertian dasarnya adalah pick pada satu senar. Teknik ini biasa dipakai para gitaris untuk picking cepat dan juga bermanfaat untuk mengurangi cepat lelahnya tangan akibat dari memainkan jumlah not yang banyak dengan kecepatan tinggi.
  4.    .  Alternate picking masuk kategori right hand techniques. Latihan awal-nya pelan dulu, terus makin lama naikkan temponya semakin cepat, sambil tangan kiri fretting dimanapun pada fret gitar atau los senar juga bisa.
  5.      Sweep picking : gerakan sapuan, menggunakan pick untuk menghasilkan suara yang cepat dan mengalir, dari atas kebawah atau sebaliknya, bisa dipakai untuk memainkan arpeggio.
  6.    .  Tremolo picking : satu not dimainkan cepat dan berulang – ulang.
Teknik tersebut sering dipakai dalam picking gitar electrik. Jika kalian masih bingung  lihat gambar dibawah ini .
Kita akan latihan teknik alternative picking pada senar nomer 6. Untuk pertama kali petiklah senar dari atas kebawah satu kali ( ini dinamakan downstroke ), kemudian petik senar dari bawah ke atas satu kali ( ini dinamakan Upstroke ), kemudian kita gabungkan downstroke dan upstroke ( ini dinamakan ALternate picking ) .Nah setelah itu kita praktikkan seperti pada gambar diatas. Pada gambar diatas terdapat nomer untuk penempatan letak jari kirimu . tekan jarimu sesuai dengan urutan nomer diatas, mulai dari 1 – 2 – 3 - 4 sesuai dengan fred pada nomer secara bergantian. Setiap satu nomer ditekan, petik senar 4 kali ( downstroke – upstroke – downstroke – stroke ) , turun – naik – turun – naik . dari nomer 1, nomer 2, nomer3, nomer4, lalu kembali lagi ke senar nomer 1 dan seterusnya . jika kamu rasa sudah cukup lancar lakukan lagi di senar yang berbeda.

Untuk gitaris pemula biasanya hanya bisa menggunakan teknik “Downstroke” saja. Karena teknik alternate picking lumayan sulit dipraktikkan, padahal teknik alternate picking lebih efektif daripada downstroke picking saja. Coba kita bandingkan kedua teknik tersebut. Petik senar 6 seperti gambar diatas menggunakan alternate picking .
Nomer 1 : downstroke
Nomer 2 : upstroke
Nomer 3 : downstroke
Nomer 4 : upstroke
Dan bandingkan dengan teknik downstroke saja, tekan fred nomer 1, nomer 2, nomer 3, nomer 4 dan petik mengguankan downstroke, turun , turun, turun , turun . bagaimana lebih mudah menggunakan alternate picking bukan.
Sekian dulu trik2 dari saya, untuk teknik sweeping dan tremolo akan saya tulis pada postingan selanjutnya.

Selamat mencoba…..!!

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.