Saturday, September 7, 2013

Obama Tetap Akan Serang Suriah Meski Kongres AS Tak Dukung Aksi Militer

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengharapkan Kongres AS akan mendukung rencana aksi militer ke Suriah. Namun meski tanpa dukungan Kongres pun, Obama telah memutuskan untuk tetap akan menyerang Suriah.

"Itu (serangan) akan terjadi bagaimanapun juga," kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS dalam wawancara dengan Fox News seperti dilansir News.com.au, Selasa (3/9/2013).

Dikatakan pejabat tersebut, dalam pidatonya akhir pekan lalu, Obama pun telah mengatakan bahwa dirinya punya wewenang untuk melancarkan serangan militer ke Suriah meski tanpa dukungan Kongres.

Dalam pidatonya soal Suriah akhir pekan lalu, Obama mengatakan dirinya akan meminta izin dari Kongres untuk melancarkan aksi militer terbatas. Kongres AS yang saat ini tengah reses, akan menggelar voting soal tersebut pada 9 September mendatang.

"Sementara saya yakin saya punya wewenang untuk melancarkan aksi militer ini tanpa otorisasi spesifik Kongres, saya tahu negara akan lebih kuat jika kita mengambil cara ini (meminta dukungan Kongres) dan tindakan kita akan lebih efektif," tutur Obama dalam pidatonya.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan Menteri Luar Negeri AS John Kerry, ketika ditanya apa yang akan dilakukan Obama jika Kongres menolak mendukung aksi militer ke Suriah. "Presiden telah membuat keputusannya," tutur Kerry.

"Saya pikir ini keputusan cerdas oleh presiden. Dia tidak mencoba menciptakan kepresidenan kekaisaran," kata Kerry. "Saya yakin bahwa pada akhirnya, Kongres akan melakukan apa yang benar," imbuhnya.

Referensi: http://news.detik.com/read/2013/09/03/101735/2347682/1148/obama-tetap-akan-serang-suriah-meski-kongres-as-tak-dukung-aksi-militer

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.