Saturday, September 7, 2013

Pilkada Bupati Garut, Sepakat Digelar 8 September 2013

Pilkada Bupati Garut, Sepakat Digelar 8 September 2013

KOTA, (GE).- Setelah digelarnya Dialog Nasional Kepastian Hukum Penyelengaraan Pemilihan Bupati yang habis masa jabatannya tahun 2014, Sabtu (8/12), maka disepakati bahwa penyelenggaraan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Garut, akan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2013. Dialog Nasional yang dihadiri beberapa pembicara, diantaranya Ketua Komisi II DPR RI Fraksi Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa. Anggota KPU RI, DR Feri Kurnia dan Anggota KPU Provinsi Jawa Barat, Teten W Setiawan.

Acara yang diselenggarakan KPUD Kabupaten Garut dan Kesbangpol Pemda Garut itu, dihadiri oleh sejumlah Anggota KPUD Kabupatan di Jawa Barat dan luar Jawa seperti Provinsi Lampung dan Sulawesi.
Menurut Ketua Komisi II DPR RI Fraksi Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa, pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Garut, pada 8 September 2013, sama sekali tidak menyalahi aturan.

Bahkan KPU Garut selaku penyelenggara telah melaksanakan agenda tahapan sesuai Undang-undang 32 Tahun 2004. Adapun, intruksi Mendagri mengenai diundurnya pilkada diseluruh Indonesia yang pelaksanaannya digelar tahun 2015, kata Agun, itu bagi kepala daerah yang akhir masa jabatannya di ujung tahun 2014. Sementara, Kabupaten Garut sendiri kepala daerahnya berakhir pada tanggal 23 Januari 2014.

“Artinya, penyelenggaraan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Garut sesuai aturan, karena tidak dipajukan dan tidak mundurkan pula. Jika Pilkada Garut diundur tahun 2015, maka akan terjadi kekosongan kepala daerah yang terlalu panjang, kecuali masa akhir jabatan kepala daerahnya berakhir di bulan pertengahan atau akhir tahun 2014,” ungkapnya.


Hal serupa disampaikan Anggota KPU RI, DR Feri Kurnia, KPUD Garut tidak perlu ragu lagi dalam melaksanakan tahapan agenda pilkadanya, mengingat jadwal yang sudah ditentukan telah memenuhi aturan perundang-undangan.

Sementara, Ketua KPUD Kabupaten Garut, Aja Rowikarim, M.Ag, berharap pemilukada Kabupaten Garut berjalan normal, sehingga pelaksanaannya dapat dilaksanakan pada tahun 2013. Aja pun berharaf, dari dialog ini dapat menghasilkan rekomendasi untuk dijadikan acuan dalam pelaksanaan Pilkada Garut. “Ada beberapa KPUD Kabupaten lain yang tak bisa hadir dalam dialog ini, tetapi mereka meminta salinan hasilnya. Artinya, dialog nasional yang digelar di Garut ini menjadi barometer bagi daerah-daerah yang sama-sama akan menggelar pilkada di tahun 2013,” ujarnya.

Keseriusan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Garut yang akan digelar pada 8 September 2013 nanti, KPUD Garut sendiri telah mempersiapkan tahapan persiapannya, seperti pembentukan dan pengangkatan PPK pada 11-13 Februari 2013, pembentukan dan pengangkatan PPS pada 20-22 Februari 2013, pemutakhiran data dan daftar pemilih, pencalonan dari perseorangan, pencalonan dari partai politik atau gabungan partai politik,kampanye pemungutan suara dan penghitungan suara. (Tata E. Ansorie)***

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.