Tuesday, September 3, 2013

Tips Berdakwah Bagi Pemula

Tips Berdakwah Bagi Pemula- Ass. Mungkin ini menjadi permasalahan bagi sobat Indoking semua ketika pertama kali berdakwah/berbicara didepan umum. Karena ini semua bukan suatu hal yang mudah. Untuk memudahkan sobat Indoking dalam berdakwah. Saya akan membagikan beberapa tips berdakwah bagi pemula, simak tipsnya di bawah ini

1. Agar kita bisa berdakwah dengan baik yang pertama harus dilakukan adalah kuasai  materi terlebih dahulu, karena apabila materi terkuasai, maka tidak akan terlalu nerveus/demam panggung yang biasa terjadi ketika berbicara di depan orang banyak.
2. Apabila kita belum sepenuhnya menguasai materi, diusahakan kita membawa catatan kecil(bisa diselipkan di dalam Al-Quran agar tidak terlalu mencolok, yang mana rangkuman tersebut berisi  point-pointnya saja). Karena apabila materi belum kita kuasai, ditakutkan kita akan bingung ketika berbicara didepan orang banyak, karena yang namanya nerveus/demam panggung. Walaupun materi yang akan disampaikan sudah hapal, dapat lupa hanya dalam seketika. Atau kita dapat meminta bantuan seorang teman yang dapat diandalkan ketika kita lupa akan materi yang akan disampaikan. Suruh teman kita itu untuk duduk berada disamping kita.
3. Jangan lupa untuk interaksi dengan para mustami/pendengar dan selipkan humor ke dalam pidato kita. Agar para mustami/pendengar tidak jenuh.
4. Pidato kita jangan terkesan menggurui, tetapi mengingatkan para mustami/pendengar, sehingga mereka segera tersadar dari kesesatan menuju kepada kebenaran.
5. Carilah ciri khas yang bisa membedakan kita dengan para penceramah lainnya.
Niatkan pidato yang kita lakukan ini hanya karena Allah swt dan untuk mencari ridhonya, dikarenakan didalam hadist dikatakan bahwa Allah tidak akan menerima amal, kecuali amal tersebut dilakukan secara ikhlas dan hanya untuk mencari ridhonya.
6. Usahakan kita jauh dari segala maksiat karena ditakutkan kita hanya berbicara saja kepada orang lain, sedangkan diri kita sendiri juga masih perlu untuk diberi pencerahan, tapi jangan sampai kita mundur dalam berdakwah karena ini bisa dijadikan rem agar kita selalu berada dijalannya dan kita juga harus ingat bahwa  maksiat ini dapat menghancurkan diri kita sendiri, baik didunia maupun diakhirat.
7. Yang terakhir jangan lupa berdo’a kepada Allah swt, terutama berdo’a ketika sedang sholat malam, agar kita dilancarkan dalam menunaikan tugas mulia ini. Karena berdo’a ketika sholat malam lebih mudah untuk dikabulkan oleh Allah swt.
Sekian tips berdakwah bagi pemula dari saya, semoga dapat bermanfa’at.

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.