Wednesday, September 25, 2013

Kisah ini pernah terjadi di zaman Bani Israil dahulu kala. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakannya kepada umatnya agar menjadi pelajaran berharga dan teladan dalam kebaikan. Al-Imam Al-Bukhari dan Muslim rahimahumallah meriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri, Sa’id bin Malik bin Sinan radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
كَانَ فِيمَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ رَجُلٌ قَتَلَ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ نَفْسًا فَسَأَلَ عَنْ أَعْلَمِ أَهْلِ الْأَرْضِ فَدُلَّ عَلَى رَاهِبٍ فَأَتَاهُ فَقَالَ إِنَّهُ قَتَلَ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ نَفْسًا فَهَلْ لَهُ مِنْ تَوْبَةٍ؟ فَقَالَ: لاَ. فَقَتَلَهُ فَكَمَّلَ بِهِ مِائَةً ثُمَّ سَأَلَ عَنْ أَعْلَمِ أَهْلِ الْأَرْضِ فَدُلَّ عَلَى رَجُلٍ عَالِمٍ فَقَالَ إِنَّهُ قَتَلَ مِائَةَ نَفْسٍ فَهَلْ لَهُ مِنْ تَوْبَةٍ؟ فَقَالَ: نَعَمْ، وَمَنْ يَحُولُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ التَّوْبَةِ، انْطَلِقْ إِلَى أَرْضِ كَذَا وَكَذَا فَإِنَّ بِهَا أُنَاسًا يَعْبُدُونَ اللهَ فَاعْبُدِ اللهَ مَعَهُمْ وَلاَ تَرْجِعْ إِلَى أَرْضِكَ فَإِنَّهَا أَرْضُ سَوْءٍ. فَانْطَلَقَ حَتَّى إِذَا نَصَفَ الطَّرِيقَ أَتَاهُ الْمَوْتُ فَاخْتَصَمَتْ فِيهِ مَلاَئِكَةُ الرَّحْمَةِ وَمَلاَئِكَةُ الْعَذَابِ فَقَالَتْ مَلاَئِكَةُ الرَّحْمَةِ: جَاءَ تَائِبًا مُقْبِلاً بِقَلْبِهِ إِلَى اللهِ. وَقَالَتْ مَلاَئِكَةُ الْعَذَابِ: إِنَّهُ لَمْ يَعْمَلْ خَيْرًا قَطُّ. فَأَتَاهُمْ مَلَكٌ فِي صُورَةِ آدَمِيٍّ فَجَعَلُوهُ بَيْنَهُمْ فَقَالَ: قِيسُوا مَا بَيْنَ الْأَرْضَيْنِ فَإِلَى أَيَّتِهِمَا كَانَ أَدْنَى فَهُوَ لَهُ. فَقَاسُوهُ فَوَجَدُوهُ أَدْنَى إِلَى الْأَرْضِ الَّتِي أَرَادَ فَقَبَضَتْهُ مَلاَئِكَةُ الرَّحْمَةِ. قَالَ قَتَادَةُ: فَقَالَ الْحَسَنُ: ذُكِرَ لَنَا أَنَّهُ لَمَّا أَتَاهُ الْمَوْتُ نَأَى بِصَدْرِهِ
Dahulu, di zaman orang-orang sebelum kalian, ada seorang laki-laki yang telah membunuh 99 jiwa. Dia pun bertanya tentang orang yang paling alim di muka bumi ketika itu, lalu ditunjukkan kepadanya tentang seorang rahib (pendeta, ahli ibadah). Maka dia pun mendatangi rahib tersebut lalu mengatakan bahwa sesungguhnya dia telah membunuh 99 jiwa, apakah ada taubat baginya?
Ahli ibadah itu berkata: “Tidak.” Seketika laki-laki itu membunuhnya. Maka dia pun menggenapi dengan itu (membunuh rahib) menjadi 100 jiwa. Kemudian dia menanyakan apakah ada orang yang paling alim di muka bumi ketika itu? Lalu ditunjukkanlah kepadanya tentang seorang yang berilmu. Maka dia pun mengatakan bahwa sesungguhnya dia telah membunuh 100 jiwa, apakah ada taubat baginya? Orang alim itu berkata: “Ya. Siapa yang menghalangi dia dari taubatnya? Pergilah ke daerah ini dan ini. Karena sesungguhnya di sana ada orang-orang yang senantiasa beribadah kepada Allah, maka beribadahlah kamu kepada Allah bersama mereka. Dan jangan kamu kembali ke negerimu, karena negerimu itu adalah negeri yang buruk/jahat.”
Maka dia pun berangkat. Akhirnya, ketika tiba di tengah perjalanan datanglah kematian menjemputnya, (lalu dia pun mati). Maka berselisihlah malaikat rahmat dan malaikat azab tentang dia.
Malaikat rahmat mengatakan: “Dia sudah datang dalam keadaan bertaubat, menghadap kepada Allah dengan sepenuh hatinya.”
Sementara malaikat azab berkata: “Sesungguhnya dia belum pernah mengerjakan satu amalan kebaikan sama sekali.”
Datanglah seorang malaikat dalam wujud seorang manusia, lalu mereka jadikan dia (sebagai hakim pemutus) di antara mereka berdua. Maka kata malaikat itu: “Ukurlah jarak antara (dia dengan) kedua negeri tersebut. Maka ke arah negeri mana yang lebih dekat, maka dialah yang berhak membawanya.”
Lalu keduanya mengukurnya, dan ternyata mereka dapatkan bahwa orang itu lebih dekat kepada negeri yang diinginkannya. Maka malaikat rahmat pun segera membawanya.
Kata rawi: Kata Qatadah: Al-Hasan mengatakan: “Disebutkan kepada kami, bahwa ketika kematian datang menjemputnya, dia busungkan dadanya (ke arah negeri tujuan).”
Hadits ini menceritakan kepada kita tentang orang yang telah membunuh 99 jiwa lalu dia menyesal dan bertaubat serta bertanya tentang ahli ilmu yang ada ketika itu. Kemudian ditunjukkan kepadanya seorang ahli ibadah.
Ternyata ahli ibadah itu hanyalah ahli ibadah, tidak mempunyai ilmu. Rahib tersebut menganggap besar urusan itu sehingga mengatakan: “Tidak ada taubat bagimu.” Laki-laki pembunuh itu marah lantas membunuh ahli ibadah tersebut. Lengkaplah korbannya menjadi 100 jiwa.
Kemudian dia tanyakan lagi tentang ahli ilmu yang ada di masa itu. Maka ditunjukkanlah kepadanya seorang yang alim. Lalu dia bertanya, apakah ada taubat baginya yang telah membunuh 100 jiwa? Orang alim itu menegaskan: “Ya. Siapa yang bisa menghalangimu untuk bertaubat? Pintu taubat terbuka lebar. Tapi pergilah, tinggalkan negerimu menuju negeri lain yang di sana ada orang-orang yang beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan jangan pulang ke kampungmu, karena negerimu adalah negeri yang buruk.
Akhirnya, lelaki itu pun pergi berhijrah. Dia berangkat meninggalkan kampung halamannya yang buruk dalam keadaan sudah bertaubat serta menyesali perbuatan dan dosa-dosanya. Dia pergi dengan satu tekad meninggalkan dosa yang dia lakukan, memperbaiki diri, mengisi hari esok dengan amalan yang shalih sebagai ganti kezaliman dan kemaksiatan yang selama ini digeluti.
Di tengah perjalanan menuju kampung yang baik, dengan membawa segudang asa memperbaiki diri, Allah Subhanahu wa Ta’ala takdirkan dia harus mati.
Takdir dan kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala jua yang berlaku. Itulah rahasia dari sekian rahasia Allah Yang Maha Bijaksana. Tidak mungkin ditanya mengapa Dia berbuat begini atau begitu. Tetapi makhluk-Nya lah yang akan ditanya, mengapa mereka berbuat begini dan begitu. Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha melakukan apa saja yang Dia inginkan.
Semua yang ada di alam semesta, baik yang terlihat maupun tidak terlihat adalah milik Allah Subhanahu wa Ta’ala, ciptaan-Nya dan di bawah pengawasan serta pengaturan-Nya. Dia Yang menentukan setiap perbuatan seorang hamba, 50.000 tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi. Dia yang memberikan perangkat kepada seorang hamba untuk melakukan sesuatu. Dia pula yang memberi taufiq kepada hamba tersebut ke arah apa yang telah ditakdirkan-Nya.
Pembunuh 100 jiwa itu, adalah salah satu dari makhluk ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dia ada di bawah kehendak dan kendali Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ketentuan dan takdir Allah Subhanahu wa Ta’ala sudah pasti berlaku pula atasnya. Perbuatan zalim yang dikerjakannya adalah takdir Allah Subhanahu wa Ta’ala. Taubat dan penyesalan yang dia rasakan dan dia inginkan adalah takdir dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Alangkah beruntungnya dia. Tapi kalau begitu, zalimkah Allah Subhanahu wa Ta’ala? Kejamkah Dia kepada hamba-Nya?
Jawabnya sudah pasti, tidak. Sama sekali tidak. Dari sisi manapun, Dia bukanlah Dzat yang zalim.
Apakah kezaliman itu? Kezaliman adalah berbuat sesuatu pada hal-hal yang bukan miliknya. Atau meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya.
Siapakah Allah Subhanahu wa Ta’ala? Dan siapakah kita? Milik siapakah kita?
Kita milik Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dia-lah Yang telah menciptakan dan mengatur kita. Dia Maha Tahu yang tepat bagi hamba-Nya. Dia Maha Bijaksana, Dia meletakkan segala sesuatu sesuai pada tempatnya. Dia Maha Tahu apa yang diciptakan-Nya. Dia Maha Tahu apa yang terbaik bagi ciptaan-Nya. Allahu Akbar.
Lelaki itu meninggal dunia. Dia mati dalam keadaan belum ‘beramal shalih’ sekali pun. Dia hanya punya tekad memperbaiki diri, bertaubat dari semua kesalahan. Hal itu terwujud dari keinginannya bertanya kepada mereka yang dianggap berilmu: Apakah ada taubat baginya? Semua itu tampak dari tekadnya pergi meninggalkan masa lalu yang kelam, menyongsong cahaya hidayah dan kebaikan.
Alangkah besar karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada dirinya. Alangkah besar rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada para hamba-Nya. Tetapi alangkah banyak manusia yang tidak mengetahui bahkan tidak mensyukuri nikmat tersebut.
Sungguh, andaikata kezaliman-kezaliman yang dikerjakan oleh Bani Adam ini harus diselesaikan dengan azab dan siksa di dunia, niscaya tidak akan ada lagi satu pun makhluk yang melata di atas muka bumi ini. Sungguh, seandainya kemurkaan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang lebih dahulu daripada rahmat-Nya, niscaya tidak akan pernah ada rasul yang diutus, tidak ada Kitab Suci yang diturunkan. Tidak ada ulama dan orang shalih serta berilmu yang memberi nasihat, peringatan, dan bimbingan. Bahkan tidak akan ada satu pun makhluk yang melata di muka bumi ini.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
وَلَوْ يُؤَاخِذُ اللهُ النَّاسَ بِمَا كَسَبُوا مَا تَرَكَ عَلَى ظَهْرِهَا مِنْ دَابَّةٍ وَلَكِنْ يُؤَخِّرُهُمْ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ فَإِنَّ اللهَ كَانَ بِعِبَادِهِ بَصِيرًا
Dan kalau sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan usahanya, niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu makhluk yang melata pun akan tetapi Allah menangguhkan (penyiksaan) mereka, sampai waktu yang tertentu; maka apabila datang ajal mereka, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Melihat (keadaan) hamba-hamba-Nya.” (Fathir: 45)
Kerusakan yang terjadi di muka bumi ini, di daratan maupun di lautan tidak lain adalah akibat ulah manusia. Sementara kesempatan hidup yang diberikan kepada mereka membuat mereka lupa, bahkan semakin menambah kedurhakaan mereka. Ingatlah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
فَذَرْنِي وَمَنْ يُكَذِّبُ بِهَذَا الْحَدِيثِ سَنَسْتَدْرِجُهُمْ مِنْ حَيْثُ لَا يَعْلَمُونَ. وَأُمْلِي لَهُمْ إِنَّ كَيْدِي مَتِينٌ
Maka serahkanlah (ya Muhammad) kepada-Ku (urusan) orang-orang yang mendustakan perkataan ini (Al-Qur’an). Nanti Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (ke arah kebinasaan) dari arah yang tidak mereka ketahui, dan Aku memberi tangguh kepada mereka. Sesungguhnya rencana-Ku amat teguh.” (Al-Qalam: 44-45)
Maka jelas pulalah bagi kita alangkah jahatnya ucapan orang yang mengatakan: “Saya tidak suka tuhan yang kejam.”
Andaikata yang dia maksud adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka hanya ada dua kemungkinan pada diri orang seperti ini, kafir (murtad) atau kurang akalnya (idiot). Apabila sudah dia terima bukti dan keterangan tapi masih menolak dan mengingkari, maka dikhawatirkan dia telah keluar dari Islam.
Betapa luas nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada hamba-Nya. Siang malam Dia memerhatikan serta mencurahkan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada mereka. Tetapi mereka justru menampakkan kebencian kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan senantiasa mengerjakan maksiat sepanjang siang dan malam.
Maka dari itu:
فَبِأَيِّ ءَالَاءِ رَبِّكَ تَتَمَارَى
Maka terhadap nikmat Rabbmu yang manakah kamu ragu-ragu?” (An-Najm: 55)
Dan:
فَبِأَيِّ ءَالَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ
Maka nikmat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (Ar-Rahman: 75)
Di antara rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala juga adalah seperti yang diriwayatkan Al-Imam Muslim rahimahullahu dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu:
لَلَّهُ أَشَدُّ فَرَحًا بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ حِينَ يَتُوبُ إِلَيْهِ مِنْ أَحَدِكُمْ كَانَ عَلَى رَاحِلَتِهِ بِأَرْضِ فَلَاةٍ فَانْفَلَتَتْ مِنْهُ وَعَلَيْهَا طَعَامُهُ وَشَرَابُهُ فَأَيِسَ مِنْهَا فَأَتَى شَجَرَةً فَاضْطَجَعَ فِي ظِلِّهَا قَدْ أَيِسَ مِنْ رَاحِلَتِهِ فَبَيْنَا هُوَ كَذَلِكَ إِذَا هُوَ بِهَا قَائِمَةً عِنْدَهُ فَأَخَذَ بِخِطَامِهَا ثُمَّ قَالَ مِنْ شِدَّةِ الْفَرَحِ: اللَّهُمَّ أَنْتَ عَبْدِي وَأَنَا رَبُّكَ. أَخْطَأَ مِنْ شِدَّةِ الْفَرَحِ
Benar-benar Allah sangat gembira dengan taubat hamba-Nya ketika dia bertaubat kepada-Nya daripada salah seorang kamu yang berada di atas kendaraannya di sebuah tanah padang yang sunyi, lalu kendaraan itu lepas (lari) meninggalkannya, padahal di atasnya ada makanan dan minumannya. Akhirnya dia putus asa mendapatkannya kembali. Maka dia pun mendatangi sebatang pohon lalu berbaring di bawah naungannya, dalam keadaan putus asa dari kendaraannya. Ketika dia dalam keadaan demikian, ternyata tiba-tiba kendaraan itu berdiri di dekatnya. Lalu dia pun menggenggam tali kekangnya dan berkata saking gembiranya: ‘Ya Allah, Engkau hambaku dan aku Rabbmu.’ Dia salah ucap karena saking gembiranya.”
Inilah Hakikat Hijrah
Hijrah adalah salah satu kewajiban ajaran Islam, salah satu amalan shalih paling utama, bahkan merupakan sebab keselamatan agama seseorang serta perlindungan bagi imannya. Hijrah terbagi menjadi beberapa bagian, di antaranya ialah hijrah meninggalkan apa yang diharamkan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya Shallallahu ‘alaihi wa sallam atas setiap mukallaf. Maka, orang yang bertaubat dari kemaksiatan yang telah lalu berarti dia telah berhijrah meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Sedangkan seorang muslim, dibebankan kepadanya agar meninggalkan segala yang diharamkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِنَّ الْمُهَاجِرَ مَنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللهُ عَنْهُ
Sesungguhnya, muhajir sejati adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah.” (HR. Ahmad, no. 6912)
Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ini sekaligus perintah, meliputi semua perbuatan haram baik dalam bentuk ucapan maupun perbuatan.
Apa yang disabdakan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ini meliputi pula hijrah lahir dan hijrah batin. Hijrah lahir adalah lari membawa tubuhnya menyelamatkan diri dari fitnah. Sedangkan hijrah batin adalah meninggalkan apa saja yang menjadi ajakan hawa nafsu yang senantiasa memerintahkan kepada kejelekan dan apa-apa yang dijadikan indah oleh setan. Hijrah kedua ini merupakan dasar bagi hijrah yang pertama.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
وَمَنْ يَخْرُجْ مِنْ بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللهِ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (An-Nisa’: 100)
Asy-Syaikh As-Sa’di rahimahullahu dalam tafsirnya tentang ayat ini mengatakan:
Kemudian firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
وَمَنْ يَخْرُجْ مِنْ بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللهِ وَرَسُولِهِ
Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya”, maksudnya yang sengaja menuju Rabbnya, mengharap ridha-Nya, karena cinta kepada Rasul-Nya, dan demi membela agama Allah Subhanahu wa Ta’ala, serta bukan karena tujuan lain,
ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ
Kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju)”, karena terbunuh atau sebab lainnya,
فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللهِ
Maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah.” Yakni, pahala muhajir yang mencapai tujuannya dengan jaminan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala telah dia terima. Hal itu karena dia telah berniat dan bertekad; dia telah memulai kemudian segera mulai mengerjakannya. Maka termasuk rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala atasnya dan orang-orang seperti dia adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala memberinya pahala sempurna. Meskipun mereka belum mengerjakan amalan mereka secara tuntas, serta mengampuni mereka dengan kekurangan yang ada pada hijrah atau amalan tersebut.
Sebab itulah, Allah Subhanahu wa Ta’ala akhiri ayat ini dengan dua nama-Nya yang mulia dalam firman-Nya:
وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Dan adalah Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang.” Dia memberi ampunan bagi kaum mukminin yang mengerjakan dosa terutama mereka yang bertaubat kepada Rabb mereka. Dia Maha penyayang kepada seluruh makhluk-Nya. Penyayang kepada kaum mukminin dengan memberi mereka taufiq agar beriman, mengajari mereka ilmu yang menambah keyakinan mereka, memudahkan mereka sebab-sebab menuju kebahagiaan dan kemenangan.
Beberapa Faedah
1. Seorang pembunuh, bisa diterima taubatnya. Dalilnya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
إِنَّ اللهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.” (An-Nisa’: 48)
Inilah pendapat jumhur ulama. Adapun pendapat Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa tidak ada taubat bagi seorang pembunuh karena Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
وَمَنْ يَقْتُلْ مُؤْمِنًا مُتَعَمِّدًا فَجَزَاؤُهُ جَهَنَّمُ خَالِدًا فِيهَا وَغَضِبَ اللهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهُ وَأَعَدَّ لَهُ عَذَابًا عَظِيمًا
Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.” (An-Nisa’: 93)
Mungkin bisa dibawa kepada pengertian bahwa tidak ada taubat sehubungan dengan korban yang terbunuh. Karena si pembunuh terkait dengan tiga hak sekaligus: hak Allah Subhanahu wa Ta’ala, hak korban yang dibunuhnya, dan hak ahli waris korban (walinya).
Adapun hak Allah Subhanahu wa Ta’ala, tidak disangsikan lagi bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengampuninya dengan adanya taubat dari pelaku maksiat tersebut, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
قُلْ يَاعِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللهِ إِنَّ اللهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
Katakanlah: ‘Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang’.” (Az-Zumar: 53)
Juga firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللهِ إِلَهًا ءَاخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ يَلْقَ أَثَامًا. يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا. إِلَّا مَنْ تَابَ وَءَامَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَحِيمًا. وَمَنْ تَابَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَإِنَّهُ يَتُوبُ إِلَى اللَّهِ مَتَابًا
Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah, tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barangsiapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya), (yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina, kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman, dan mengerjakan amal shalih. Maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.” (Al-Furqan: 68-71)
Adapun hak korban yang dibunuhnya, maka taubat si pembunuh tidaklah berguna dan jelas belum tertunaikan hak korbannya, karena korban itu sudah mati. Tidak mungkin pula sampai pada tingkat dia minta penghalalan atau lepas dari tuntutan darahnya. Jadi, inilah yang masih tersisa serta menjadi beban tuntutan di pundak si pembunuh, meskipun dia sudah bertaubat. Sedangkan pada hari kiamat, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memutuskan perkara di antara mereka.
Sedangkan hak ahli waris (wali) korban, maka taubat si pembunuh juga tidak sah hingga dia menyerahkan dirinya kepada mereka, mengakui perbuatannya, dan menyerahkan kepada mereka, apakah dia harus dihukum mati (qishash), membayar diyat (tebusan), atau mereka memaafkannya.
2. Dalam hadits kisah ini, disyariatkan untuk bertaubat dari semua dosa besar. Mungkin, ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala menerima taubat seorang pembunuh, Dia menjamin keridhaan lawan (korban)nya, dan Dia kembalikan kezalimannya. Inilah salah satu rahmat dan keadilan Allah Subhanahu wa Ta’ala.
3. Kisah ini melarang kita membuat orang lain putus asa dari dosa besar yang dikerjakannya. Allah Subhanahu wa Ta’ala sendiri telah menerangkan bahwa Dia tidak akan menjadikan kekal di neraka orang yang mati dalam keadaan bertauhid, sebagaimana dalam hadits Anas radhiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan At-Tirmidzi rahimahullahu:
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّه ِn يَقُولُ: قَالَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَرَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ وَلَا أُبَالِي، يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِي، يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِي لَا تُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً
Saya mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman: ‘Wahai Bani Adam, sesungguhnya selama engkau berdoa kepada-Ku, mengharapkan-Ku, niscaya Aku beri ampun kepadamu atas apa yang ada padamu, dan Aku tidak peduli. Wahai Bani Adam, seandainya dosa-dosamu mencapai langit kemudian kamu minta ampun kepada-Ku niscaya Aku beri ampunan kepadamu, dan Aku tidak peduli. Wahai Bani Adam, sungguh, seandainya engkau datang kepada-Ku membawa dosa sepenuh bumi kemudian engkau bertemu dengan-Ku dalam keadaan tidak menyekutukan Aku dengan apapun, pasti Aku datang kepadamu dengan membawa ampunan sepenuh itu juga.”
Namun, bisa jadi pula dia diampuni dan tidak masuk neraka sama sekali, atau diazab sebagaimana pelaku maksiat lainnya dari kalangan orang yang bertauhid lalu dikeluarkan menuju ke dalam jannah. Maka janganlah berputus asa dari rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala dan jangan pula membuat orang lain berputus asa darinya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman tentang Khalil-Nya, Ibrahim q:
قَالَ وَمَنْ يَقْنَطُ مِنْ رَحْمَةِ رَبِّهِ إِلَّا الضَّالُّونَ
Ibrahim berkata: ‘Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Rabbnya, kecuali orang-orang yang sesat’.” (Al-Hijr: 56)
4. Di dalam kisah ini terdapat pula keutamaan berpindah dari negeri yang di sana seseorang bermaksiat, apakah karena adanya teman dan fasilitas yang mendukung atau hal-hal lainnya.
5. Dari kisah ini pula jelaslah betapa seseorang tidak mungkin selamat dan lolos dari azab kecuali dengan beratnya timbangan kebaikan dirinya meski hanya sebesar biji sawi. Maka dari itu, sudah semestinyalah orang yang bertaubat memperbanyak amal kebaikannya.
6. Termasuk tugas seorang yang bertaubat –kalau dia bukan orang yang berilmu– hendaknya dia pelajari apa saja yang wajib atas dirinya di masa yang akan datang dan apa yang haram dikerjakannya.
7. Perlu pula diingat dalam kisah ini, bahwasanya lingkungan yang baik, bergaul dengan orang shalih akan menambah iman seseorang. Sedangkan segala kerusakan, petaka dan penyimpangan, tumbuhnya tidak lain karena adanya dukungan para setan dan bala tentaranya, termasuk dari kalangan manusia yang senantiasa membuka pintu kelalaian dan syahwat serta tidak mendukungnya kepada kebaikan dan ketaatan.
Sungguh indah peringatan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu:
مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسُّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيْرِ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً، وَنَافِخُ الْكِيْرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً
Perumpamaan teman duduk yang baik dan teman duduk yang buruk adalah seperti pembawa misik dan pandai besi. Adapun si pembawa misik (minyak wangi), mungkin dia akan memberimu, atau kamu membeli darinya, atau kamu dapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, mungkin dia akan membakar pakaianmu, atau kamu dapatkan bau tidak sedap darinya.”
8. Satu hal yang harus kita ingat dari kisah ini, tekad dan niat ikhlas si pembunuh, itulah yang mengantarnya kepada rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang teramat luas. Meski belum mengisi lembaran hidup barunya dengan kebaikan, tetapi tekad dan niat ikhlas ini sangat bernilai di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Inilah salah satu buah dan keutamaan tauhid yang murni.
Mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta’ala membimbing kita membersihkan hati kita dari kekotoran syirik dan maksiat sampai kita bertemu dengan-Nya dalam keadaan membawa hati yang selamat. Amin.

Dikutip dari: www.Asysyariah.com Penulis : Al-Ustadz Abu Muhammad Harist Judul: Pembunuh 100 Jiwa

Kisah Si Pembunuh 100 Orang Kisah Si Pembunuh 100 Orang Taubatnya Diterima

Saturday, September 21, 2013

Assalamualaikum wr. wb.
Bagaimana hukum shalat taubat bagi orang yang benar benar melakukan taubat dengan sungguh sungguh. Apakah wajib melakukan sholat taubat?

Mohon penjelasan tentang sholat taubat dan doa doanya. Terimakasih...

Wassalamualaikum wr. wb

Jawaban
Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
A. Pengertian
1. Taubat
Taubat dalam bahasa Arab bermakna arruju’ (الرجوع) yaitu kembali. Maksudnya kembali dari dosa-dosa.
Dan secara istilah di dalam kitab Kifayah At-Thalib Ar-Rabbani dan juga kitab Lisanul Arab, taubah itu didefinisikan sebagai :
الرُّجُوعُ مِنْ أَفْعَالٍ مَذْمُومَةٍ إِلَى أَفْعَالٍ مَحْمُودَةٍ شَرْعًا
Kembali dari berbagai perbuatan yang tercela kepada perbuatan yang terpuji secara syariah. 
2. Shalat Taubat
Adapun shalat taubah adalah shalat yang disyariatkan untuk dikerjakan oleh seorang hamba dalam rangka bertaubat kepada Allah SWT dan kembali dari dosa-dosa dan maksiat. Dan shalat Taubat tidak disyariatkan kecuali seseorang sedang bertaubat kepada Allah SAW.
B. Masyru'iyah
Shalat taubat adalah shalat yang oleh jumhur ulama dikatakan sebagai shalat yang masyru’ dan telah ditetapkan pensyariatannya lewat nash-nash syariah.
عن أبي بَكْرٍ الصديق رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ  يَقُولُ : مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ . ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الْآيَةَ : وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ
Dari Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahuanhu berkata,”Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda,”Tidaklah ada seorang hamba yang melakukan perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu’ dengan baik, mendirikan shalat dua rakaat, lalu minta ampun kepada Allah, kecuali pastilah Allah SWT ampuni”. Kemudian beliau membaca ayat berikut : Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. (HR. Abu Daud)
Dalil masyru'iyah dari shalat Taubah ini juga terdapat dalam hadits yang lain :
عن أَبي الدَّرْدَاءِ  قال : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ  يَقُولُ : مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ وُضُوءَهُ ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ أَوْ أَرْبَعًا (شك أحد الرواة) يُحْسِنُ فِيهِمَا الذِّكْرَ وَالْخُشُوعَ ثُمَّ اسْتَغْفَرَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ غَفَرَ لَهُ
Dari Abi Ad-Darda’ radhiyallahuanhu berkata,”Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda,”Siapa yang berwudhu’ dan membaguskan wudhu’nya itu, kemudian berdiri dan melakukan shalat dua rakaat atau empat rakaat (perawi hadits ini agak ragu), membaguskan dzikir dan khusyu’nya, kemudian meminta ampun kepada Allah azza wa jalla, pastilah Allah ampuni. (HR. Ahmad)
C. Hukum
Seluruh ulama sepakat bahwa bertaubat itu hukumnya wajib. Sebab taubat itu akan menghapus semua dosa yang pernah dilakukan.
Namun hukum shalat taubat berbeda dari hukum taubat itu sendiri. Umumnya para ulama tidak mewajibkan shalat taubat. Mereka hanya mengatakan hukumnya sunnah, sebagai pelengkap dari taubat yang dilakukan.
Selain itu shalat taubat juga tidak disyariatkan kecuali seseorang sedang dalam proses bertaubat. Artinya, shalat taubat hanya dilakukan sesekali, tidak dilakukan tiap hari sebagaimana umumnya shalat-shalat sunnah rawatib.
Kalau pun tiap hari kita berdzikir dan dalam dzikir itu kita melafadzkan ucapan taubat dan sejenisnya, namun yang dimaksud tentu bukan taubat yang besar. Sehingga tidak disyariatkan untuk shalat taubat untuk sesutu yang sifatnya rutin.
D. Tata Cara Shalat Taubat
Ada beberapa ketentuan dalam mengerjakan Shalat Taubat, antara lain :
1. Dua atau Empat Rakaat
Shalat Taubat dikerjakan dengan dua rakaat sebagaimana disebutkan di dalam hadits Abu Bakar radhiyallahuanhu.
ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ
Mendirikan shalat dua rakaat. (HR. Abu Daud)
Namun di dalam hadits lainnya juga disebutkan dengan empat rakaat, karena perawinya agar ragu dalam menyebutkan jumlah rakaatnya.
قَامَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ أَوْ أَرْبَعًا (شك أحد الرواة
Kemudian berdiri dan melakukan shalat dua rakaat atau empat rakaat (perawi hadits ini agak ragu) (HR. Ahmad)
2. Sendirian Tidak Berjamaah
Shalat Taubat lebih utama dikerjakan dengan sendirian, karena tidak termasuk jenis shalat yang disunnahkan untuk dikerjakan dengan cara berjamaah.
Dan bertaubat itu juga bukan sesuatu yang harus dipamerkan, karena terkait dengan aib dan dosa yang pernah dilakukan oleh seseorang.
3. Banyak Beristighfar Seusainya
Dianjurkan seusai Shalat Taubat dilakukan untuk memperbanyak istighfar dan permohonan ampunan dari Allah SWT. Hal itu sebagaimana firman Allah SWT :
وَإِنِّي لَغَفَّارٌ لِمَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحاً ثُمَّ اهْتَدَى
Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar. (QS. Thaha : 82)
4. Tidak Ada Ayat Tertentu
Umumnya para ulama mengatakan bahwa tidak ada ayat atau surat tertentu yang dianjurkan untuk dibaca dalam Shalat Taubat ini.
Sehingga pada dasarnya surat dan ayat apa saja boleh dibaca dan sama nilainya di sisi Allah.
5. Memperbanyak Sedekah
Selain memperbanyak istighfar, dianjurkan apabila Shalat Taubat telah ditunaikan, untuk memperbanyak sedekah.
Allah SWT berfirman :
إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ
Jika kamu menampakkan sedekah, maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Baqarah : 271)
Ketika Ka'ab bin Malik radhiyallahuanhu telah bertaubat dari kesalahannya karena tidak ikut dalam perang, beliau berkata kepada Rasulullah SAW :
يَا رَسُولَ الله إِنَّ مِنْ تَوْبَتِي أَنْ أَنَخْلع مِنْ مَاليِ صَدَقَةً إِلىَ اللهِ وَإِلَى رَسُولهِ. قَالَ رَسُولُ اللهِ: أَمْسِكْ عَلَيْكَ بَعْضَ مَالِكَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ قَالَ: فَإِنِيّ أُمْسِكُ سَهْمِي الَّذِي بِخَيْبَرَ . متفق عليه
Ya Rasulullah, sebagai tanda taubatku, aku lepaskan hak milikku dari hartaku untuk sedekah di jalan Allah dan Rasul-Nya. Rasulullah SAW bersabda,"Tahanlah sebagian dari hartamu, karena akan berguna bagimu". Kaab berkata,"Aku masih punya bagian hartaku dari harta rampasan perang Khaibar. (HR. Bukhari Muslim)
6. Sah Dikerjakan Kapan Saja
Adapun kapan waktu untuk mengerjakan shalat Taubat ini, secara prinsipnya shalat Taubat sah dan boleh dilakukan kapan saja, baik siang atau pun malam. Karena shalat Taubat ini tidak terikat dengan waktu tertentu sebagaimana umumnya shalat Fardhu yang lima, atau beberapa jenis shalat sunnah yang lainnya.
Bahkan para ulama berpendapat bahwa tidak ada larangan apabila shalat Taubat mau dikerjakan pada waktu-waktu yang terlarang untuk shalat sunnah mutlak sekali pun. Karena pada prinsipnya shalat Taubah itu adalah shalat yang ada sebabnya secara syar'i.
Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Tata Cara Shalat Taubat dan Doanya

Thursday, September 19, 2013

Repvblik - Selimut Tetangga
 
Lagu terbaru dari republik gan yang berjudul Selimut Tetangga. Langsung saja yang belum punya mp3nya bisa di download di bawah ini:

Download Mp3 Repvblik – Selimut Tetangga via » Tusfiles-Filesku-IDWS

Download Mp3 Repvblik – Selimut Tetangga

 
Download Mp3 D'WAPINZband- Bekas(Berharap kau setia) New single d'wapinz band ini adalah band indie asal indramayu yang beranggotakan 4 orang personil. Dan lagu ini adalah Baiklah langsung saja bagi yang sedang ingin Download Mp3 D'WAPINZband- Bekas(Berharap kau setia) New single dapat mendownloadnya di bawah ini:

 

Download Mp3 D'WAPINZband- Bekas(Berharap kau setia) New single

Sunday, September 15, 2013

loket bandKali ini saya akan posting Download Mp3 Loket Band-Cinta Harta- ini lagu terbaru gan dari loket band (indie banyuwangi). Lagunya dapat di download dengan cara mengklik link di bawah ini:

http://c2lo.reverbnation.com/audio_player/download_song_direct/18516119/c2b9b48da5bdd9d355a001ba765fef5f

Download Mp3 Loket Band-Cinta Harta

Tuesday, September 10, 2013

Baru saja Peterpan mengganti namanya menjadi Noah, Ariel cs sudah dihadapkan pada masalah bahwa nama Noah band bukan milik mereka semata. Di Balikpapan, rupanya ada band lain yang juga bernama Noah. Lalu bagaimana tanggapan Noah yang digawangi Ariel cs? Disinggung mengenai kesamaan nama tersebut, band yang baru mengeluarkan single ‘Separuh Aku‘ tersebut memilih untuk bersikap seperti Noah Balikpapan. Mereka tidak ingin memperbesar masalah hanya karena nama band yang sama. Sang drummer Noah, Reza, mengungkapkan bahwa pemilihan nama Noah sebagai pengganti Peterpan bukanlah keputusan mendadak. Nama itu sudah dipikirkan sejak sekitar 2,5 tahun lalu. Karena itulah Reza kemudian menegaskan bahwa nama Noah hanya satu dan merekalah yang asli sekalipun Noah Balikpapan juga sama ‘aslinya’, bahkan sudah berkibar sejak 3 tahun yang lalu. “Nama Noah hanya satu. Ya nama kami pengganti Peterpan. Kami Noah yang asli,” ucap Reza seperti dilansir VIVAlife. Seperti yang sudah diketahui, nama Noah Balikpapan langsung ramai diicarakan sejak Peterpan mengganti nama menjadi Noah. Noah Balikpapan sendiri adalah band yang digawangi 5 pemuda yang mengusung musik pop-alternatif. Noah Balikpapan yang terbentuk sejak 2009 inipun sudah menghasilkan banyak karya dan memiliki penggemar setia yang disebut ‘Kawan Noah’. Mengenai kesamaan nama, Noah Balikpapan tidak mau ambil pusing dan tetap berkarya seperti biasa. Mereka juga tidak mau berpikiran untuk menuntut Ariel cs karena menggunakan nama band yang sama.

Noah Band Angkat Bicara Soal Noah Balikpapan

FotoDownload Mp3 Noah Band (Balikpapan)- Ternyata nama Noah Band di Indonesia ini ada dua gan, yang satu punya Ariel dkk, dan yang satunya lagi punya band asal Balikpapan, katanya Noah band balikpapan ini sudah ada pada tahun 2009 ketika Ariel masih mendekam di dalam penjara. Langsung saja bagi yang sedang ingin tahu lagu Noah band (Balikpapan) dapat mendownload lagunya dengan cara mengklik link di bawah ini

http://www.reverbnation.com/noahbalikpapan/songs

dan ini alamat  fanspagenya

https://www.facebook.com/pages/KAWAN-NOAH-kau-and-NOAH/174633079235092

Download Mp3 Noah Band (Balikpapan)

Ariel, Uki, Lukman, Uki, dan David meresmikan band baru mereka bernama Noah menggantikan Peterpan pada 2 Agustus lalu.

Namun, nama yang berasal dari bahasa Ibrani itu sudah dimiliki oleh band yang berasal dari Balikpapan. Noah asal Balikpapan mengklaim sudah membuat akun Facebook sejak mereka berdiri tahun 2009. Selain itu, melalui manajer mereka, Amirudin mengatakan sudah menjalin kontrak RBT dengan Telkomsel pada bulan Mei 2012 dengan menggunakan nama Noah.

Lalu bagaimana Ariel dkk menyikapi masalah ini? Saat Ariel dkk ditemui di peluncuran buku Kisah Lainnya di Jakarta, mereka masih hati-hati menanggapinya.

"Kita enggak banyak komentar mengenai masalah itu. Kita mencoba menghormati aturan dan perasaan orang lain. Kita ikuti proses yang terjadi aja," ujar Ariel dalam jumpa pers di FX Mall, Senayan, Jakarta, Kamis (9/8/2012).

Menurut Ariel, ini merupakan masalah yang rumit sehingga mereka memilih menghormati sistem dan aturan yang ada."Menghormati perasaan orang lain juga, yang kita jalani saja dulu," imbuhnya.(tre)

Ini Jawaban Ariel Mengenai Noah Asal Balikpapan

Noah band asal BalikpapanManajer band Noah Balikpapan, Amirudin alias Amir, mengungkapkan setelah  grup band Peterpan (Noah) kembali berkiprah di industri musik Tanah Air, mereka kehilangan pendapatan RBT.

Dia mengaku, saat ini tidak mendapat laporan dari provider karena ada dua nama Noah yang berkiprah di Tanah Air.

“Kita jadi enggak ada hasil gara-gara nama Noah ada dua,” katanya kepada Okezone saat dihubungi melalui telefon selularnya, Rabu (10/10/2012).

Amir hingga saat ini mengaku heran dengan manajemen Musica Studio’s, yang menjanjikan siap duduk bareng membicarakan dualisme ini, dan ternyata hanya isapan jempol belaka.

“Mereka janjikan duduk bareng, tapi setelah tur kemarin enggak ada kabar lagi,” ungkapnya.

Amir berharap, ada pernyataan dari pihak manajemen Noah agar  Noah Balikpapan bisa menaruh RBT-nya di provider.

Gara-gara ini juga membuat Ketua Dewan Kesenian Balikpapan H. Darwis. M. Noor, SH., turun tangan. Dia menyatakan, akan melindungi hak-hak berkesenian warga Balikpapan, seperti yang dituturkan Eksekutif Pelangi Enterprise, Suhendra.

“Pokoknya kami akan mendukung artis-artis kami. Ini bagi kita bukan hal sepele. Ini pembelajaran untuk para musisi atas hak cipta nama,” papar Suhendra melalui telefon genggamnya.

Sekadar diketahui, Noah Balikpapan terbentuk pada 12 Februari 2009. Band yang digawangi Revie (vokal, gitar), Yudee (gitar), Maman (gitar), Davha (bas), dan Raf (drum), terakhir merilis single “Mawar Jingga” dan menjual versi RBT di Telkomsel pada Mei 2012.

Seorang MD (music director) Radio KP FM yang bermarkas di Balikpapan, Kalimantan Timur, bernama Diaz Abdila juga membenarkan Noah Balikpapan sudah berdiri lama sebelum Ariel cs merilis nama Noah pada 2 Agustus lalu.
(tre)

Munculnya Noah, Tragedi Bagi Noah Balikpapan

Dituduh Mendompleng, Noah Balikpapan Rugi BesarBand Noah asal Balikpapan dituduh sengaja mendompleng nama Noah yang beranggotakan Ariel dkk. Akibatnya, Noah Balikpapan pun merugi.
Gara-gara tuduhan mendompleng, penjualan ring back tone (RBT) Noah Balikpapan dihentikan. Akibatnya tentu saja Revie (vokal), Maman (gitar), Yudie (gitar), Dhava (bas) dan Rat (drumer) mengalami kerugian yang tak sedikit.

Tak mau berdiam diri, Noah Balikpapan pun akhirnya mengadu kepada Dewan Kesenian Balikpapan sekaligus meminta mediasi dengan band Noah yang dulu bernama Peterpan.

Respon positif pun muncul. Ketua Dewan Kesenian Balikpapan H.Darwis.M.Noor, SH, menyatakan akan melindungi hak–hak berkesenian warga Balikpapan.

"Kami akan mendukung penuh produk yang kami naungi. Persoalan ini bukan permasalahan sepele. Ini pembelajaran untuk para musisi atas hak cipta nama," kata Suhendra, Eksekutif Produser Pelangi Enterprise, label Noah Balikpapan, saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Suhendra pun menegaskan, ia dengan tegas membantah kalau Noah Balikpapan sengaja menggunakan nama Noah dan ingin mendompleng ketenaran Ariel dkk. Ia mempunyai banyak bukti, kalau Noah Balikpapan berdiri sejak 2009.

"Perlu diketahui, Noah Balikpapan terbentuk pada 2009, ini dapat dibuktikan dalam Facebook mereka. Kalau dirunut, kala itu Ariel masih mendekam di penjara," jelas Suhendra.

Suhendra juga menyesalkan pernyataan Reza Noah yang mengatakan Noah Balikpapapn sengaja mendompleng nama mereka.

"Akibat pernyataan Reza yang menyebutkan kami mendompleng popularitas mereka, membuat nama baik kami tercemar," katanya. [aji]

Dituduh Mendompleng, Noah Balikpapan Rugi Besar


13439755361027721723Menjelang peluncuran single baru band eks Peterpan yang kini menjadi NOAH band, saya tergelitik untuk mendalami nama NOAH itu sendiri. Kemarin, 2 Agustus 2012, Ariel yang telah bebas dari penjara bersama 4 rekannya mendeklarasikan nama baru band mereka yang telah lama dikenal oleh insan music tanah air. NOAH band adalah nama baru dan menggantikan Peterpan yang sebelumnya diklaim adalah ‘milik’ mantan personil mereka Andhika yang kini menukangi band The Titans.
Menurut Ariel dalam jumpa persnya, NOAH dipilih sejak dua setengah tahun lalu, memenangkan satu dari empat nama yang disodorkan. NOAH yang merupakan nama Nabi Nuh dalam bahasa Inggris, menurut Ariel, pada hakikatnya tidak melekat pada nama utusan Tuhan itu. Ada kesan NOAH itu mudah diingat dan dilafalkan. Namun, saya yang juga sering update tentang berita musik merasa tidak asing dengan nama NOAH sebelum ini.
Dan benar saja, NOAH band adalah nama band indie dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Menurut sumber,  NOAH Band Balikpapan telah berdiri tahun 12 Februari 2009 lalu. Band ini digawangi oleh Revie (vokal), Yudee (gitar), Maman (gitar), Ade (bass) dan Ririe (drum).  NOAH Balikpapan juga beberapa kali meluncurkan lagu ciptaannya yang bisa didengarkan di sini : http://www.reverbnation.com/noahbalikpapan#.

Fanspage :

13439755951954466410

Logo NOAH Band Balikpapan
Saya pribadi kurang tahu secara pasti secara detail mengenai perbedaan nama di antara keduanya. Dan saya juga tidak tahu apakah NOAH band Ariel akan mengklarifikasi persamaan ini. Yang jelas, bagi band indie seperti NOAH band Balikpapan, nama itu sudah sangat melekat di hati mereka dan sedikit fans mereka. NOAH Band Balikpapan ketika mendengar berita peluncuran nama NOAH pengganti Peterpan, jelas terkejut. Hal ini diungkapkan dalam status fanpage Facebook mereka : “bingung…mesti bagaimana…dilepas nggak mungkin….udah mendarah daging…”

134397555915900984

Logo NOAH Band Ariel Cs.

Dengan antusiasnya penggemar Ariel cs yang tergambar dari Trending Topic World Wide Twitter dua hari ini, apakah hal ini kebetulan, disengaja atau malah sebuah rekayasa, saya juga tidak tahu. Yang pasti, sesaat lagi, NOAH Band Ariel cs akan melaunching single hit mereka yang sebelumnya pernah bocor di tahun 2010 berjudul Separuh Aku, langsung dari 200 stasiun radio di seluruh Indonesia.

Breaking: Nama NOAH Sudah Dipakai Band di Balikpapan Sejak 2009

Download Mp3 Noah Terbaru 2013 (Album Ke 2)- Setelah mencapai kesuksesan pada album yang pertama, kini Noah band telah merilis album ke 2. Saya baru punya 5 lagu terbaru 2013 dari noah band ini, diantaranya adalah tanya tak terjawab, cinta sejati, perih, terang menunggu, tergila-gila. Silahkan bagi agan-agan semua yang belum punya bisa di Download Mp3 Noah Terbaru 2013 (Album Ke 2) di bawah ini:

Mp3 Noah Band- Tanya Tak Terjawab (Terbaru 2013)
Mp3 Noah Band-Cinta Sejati (Terbaru 2013)
Mp3 Noah Band-Perih (Terbaru 2013)
Mp3 Noah Band-Terang Menunggu (Terbaru 2013)
Mp3 Noah Band-Tergila-gila (Terbaru 2013)

Bagi agan-agan yang sudah punya lagu-lagu dari noah band yang lainnya, bisa di bagikan untuk sobat Indoking pada kotak komentar di bawah yang nantinya bisa saya posting ulang di blog ini.
Sekian postingan tentang  Download Mp3 Noah Terbaru 2013 (Album Ke 2). Jangan lupa commentnya batting eyelashesthumbs up

Download Mp3 Noah Terbaru 2013 (Album Ke 2)

Cara Mengembalikan Data CD/DVD yang Rusak Dengan Menggunakan CD Recovery ToolBox Free- Mungkin agan-agan semua pernah mengalami masalah dengan cd/dvdnya rusak. Kini jangan khawatir karena dengan software gratisan yang namanya  CD Recovery ToolBox Free. Data-data agan semua sekarang bisa terselamatkan. Langsung saja download  CD Recovery ToolBox Free disini

Berikut langkah – langkah untuk menggunakan CD Recovery ToolBox Free antara lain
1.   Installah CD Recovery kedalam PC anda seperti biasa.
2.  Setelah selesai memasukkan CD / DVD anda secara otomatis aplikasi ini akan mendeteksi data yang ada di dalam CD / DVD dan tampilannya akan berubah seperti gambar dibawah ini. Dan untuk memulai mengembalikan data yang ada di dalam CD / DVD langsung saja klik Next.
 
3.  Selanjutnya akan ditampilkan gambar seperti dibawah ini. Pada bagian “Select target directory …….” Anda dapat memilih tempat dimana file yang anda selamatkan dari CD / DVD rusak anda disimpan. Kemudian klik Next.
4.  Setelah itu carilah file mana yang akan anda selamatkan.
5.  Beri tanda ceklis pada file yang ingin anda selamatkan, lalu klik Save.
6.  Tunggulah proses penyimpanan file. Proses penyimpanan ini lumayan lama tergantun seberapa parah CD / DVD rusak anda. File yang berhasil diselamatkan akan ditandai dengan keterangan “saved’ berwarna hijau. Jika gagal, ia akan berwarna merah
 
7.  Jika proses penyimpana telah selesai akan langsung ditampilkan dimana file yang anda selamatkan disimpan.
 
Menggunakan ternyata sangat membantu kita dalam mengembalikan/menyelamatkan data yang tersimpan di cakram data CD/DVD yang telah rusak.

Cara Mengembalikan Data CD/DVD yang Rusak - Anda mungkin memiliki banak data yang tersimpan dalam cakram data (baik CD maupun DVD). Mungkin anda memiliki backup data penting dalam CD/DVD tersebut. Ya, sebagian orang ada yang melakukan pengamanan data dengan cara membackupnya pada CD/DVD bengan berbagai macam alasan. Salah satunya karena hardisk sudah penuh kemudian mengosongkan hardisk dengan memasukan datanya pada CD/DVD. Bagaimana jadinya kalau niat mengamankan data malah berbuah petaka. Misalnya CD/DVD mengalami kerusakan. CD/DVD memang rentan dengan kerusakan. Bisa karena tergores, kotor atau jamuran. Jika kedua hal di atas terjadi, data terancam hilang. Namun jika kondisinya tidak terlalu parah, kita masih dapat menyelamatkannya. Cara mengembalikan data CD/DVD yang rusak yakni dengan menggunakan program data recovery khusus untuk CD/DVD yang banyak tersedia (termasuk untuk keping data bara semacam Blu-ray). Yang gratisan ada, yang berbayar juga tersedia. Program aplikasi recovery data CD/DVD gratisan yang bisa kita gunakan salahsatunya adalah CD Recovery Toolbox Free. Anda bisa mengunduhnya di www.oemailrecovery.com. Jika sudah selesai didownload, silakan instal file installernya yang bernama CDRecoveryToolBoxFree Setupexe (berukuran 650Kb). Setelah terinstal, jalankan aplikasi dari menu Start sambil memasukkan CD/DVD yang akan diselamatkan ke dalam tray CD/DVD drive. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela utama pada layar. Secara otomatis aplikasi ini akan mendeteksi data yang ada di dalam cakram data tersebut. Pilih nama CD/DVD yang muncul dalam layar program, lalu klik [Next]. Mengembalikan Data dari CD/DVD Rusak Image Pada jendela berikutnya, “Target directory”, tentukan folder untuk menyimpan data hasil penyelamatan dengan mengklik ikon bergambar folder di atas menu “Source drive”. Cari dan pilih folder simpan pada jendela Browse For Folder, lalu klik [OK]. Pastikan informasi di “Source drive” dan “Target drive” sudah benar. Klik [Next] lagi. Program akan mendeteksi isi dalam CD/DVD, baik itu file maupun folder. Anda bisa menyelamatkan semua data yang ada dengan mencentangi direktori optik atau klik [Check All]. Jika hanya ingin menyelamatkan beberapa data saja, hilangkan centang di direktori drive optik, lalu centangi folder atau file yang dihendaki. Klik [Save]. Proses penyelamatan data akan ditunjukkan dengan munculnya jendela “Restore log” dan proses yang menunjukkan file-file yang sedang diambil kembali. File yang berhasil diselamatkan akan ditandai dengan keterangan “saved’ berwarna hijau. Jika gagal, ia akan berwarna merah. Pada tahap terakhir akan muncul keterangan semua file yang berhasil diselamatkan kembali dari cakram data yang rusak. Akhiri dengan mengklik [Exit], lalu periksalah folder dimana anda tadi menyimpan hasil recovery apakah sudah terisi file yang berhasil diselamatkan. Mengembalikan Data dari CD/DVD Rusak Image Menggunakan CD Recovery Tool Box adalah cara termudah mengembalikan data CD/DVD yang rusak. Ternyata tool recovery data CD/DVD ini sangat membantu kita dalam mengembalikan/ menyelamatkan data yang tersimpan di cakram data CD/DVD yang telah rusak.

Sumber : http://fadhilgalery.blogspot.com/2012/11/cara-mengembalikan-data-cddvd-yang-rusak.html
Copyright http://fadhilgalery.blogspot.com/

Cara Mengembalikan Data CD/DVD yang Rusak Dengan Menggunakan CD Recovery ToolBox Free

Sunday, September 8, 2013

Putra bungsu Ahmad Dhani, Ahmad Abdul Qodir Jaelani atau Dul (kanan).  
Putra bungsu Ahmad Dhani, Ahmad Abdul Qodir Jaelani atau Dul (kanan)

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jagorawi Kilometer 8-200, Jakarta Timur, Minggu 8 September 2013, pukul 00:45. Akibat kecelakaan itu lima orang tewas dan 10 orang lainnya luka-luka. Salah satu yang menderita luka-luka itu putra musisi Ahmad Dhani, yaitu Ahmad Abdul Qodir Jaelani atau Dul.
Perwira Unit 3 Induk Tol Jagorawi, Ipda Effendy, menyebutkan kecelakaan beruntun itu terjadi saat mobil Mitsubishi Lancer B 80 SAL yang dikendarai Dul melaju kencang dari Bogor menuju Jakarta yang kemudian membentur pembatas jalan dan terbang ke arah berlawanan.

Mobil yang dikemudikan Dul kemudian menabrak  Daihatsu Gran Max bernomor polisi B 1349 TFM berpenumpang 13 orang dan Toyota Avanza bernomor polisi B 1882 UJZ yang berada di jalur sebaliknya, yaitu Jakarta menuju Bogor.

Menurut Effendy, 4 korban tewas telah dievakuasi ke RS Polri Sukanto, Kramatjati, Jakarta Timur, dan 1 lainnya dibawa ke RS Meilia, jalan alternatif Cibubur, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Sementara korban luka yang lain telah dibawa ke RS Meilia, dan RS Mitra Keluarga Cibubur untuk diberi pengobatan.

"Mobil Lancer dan Gran Max telah dievakuasi ke pol derek di kawasan Gunung Putri, Bogor. Untuk penyebab kecelakaan masih kami dalami," katanya.

Lima orang yang meninggal dalam kecelakaan itu adalah penumpang yang berada di mobil Gran Max. Sementara, 8 orang lainnya menderita luka-luka. Kemudian dua orang lainnya yang menderita luka,  Dul dan kawannya, Noval S, yang berada di mobil Lancer warna hitam. "Informasi terakhir menyebutkan Dul mengalami patah pada kaki kananya," tuturnya.

Berikut identitas korban yang dihimpun petugas Patroli Jalan Raya Tol Jagorawi

Korban tewas:

1. Agus Wahyudi Hartono, 40 tahun, alamat Jalan Warakas I Nomor 6 RT 004/001, Warakas, Jakarta Utara. (Jenazah dibawa ke RS Polri Sukanto, Kramatjati, Jakarta Timur).
2. Rizky Aditya Santoso, 20, alamat Jalan Asrama Polisi 301 RT 003/05, Kecamatan Bayongbong, Garut, Jawa Barat. (Jenazah dibawa ke RS Polri Sukanto, Kramatjati, Jakarta Timur)

3. Agus Surahman, 31, alamat Komplek Perla No.48 RT 003/04, Rorotan, Jakarta Utara. (Jenazah dibawa ke RS Polri Sukanto, Kramatjati, Jakarta Timur).

4. Agus Komara, alamat Gang Plamboyan RT 0O3/09, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. (Jenazah dibawa ke RS Meilia, Jalan Alternatif Cibubur, Cimanggis, Depok, Jawa Barat)

5. Belum diketahui identitasnya. (Jenazah dibawa ke RS Polri Sukanto, Kramatjati, Jakarta Timur).

Korban luka:
Dibawa ke RS Meilia, Cimanggis, Depok.

1. Abdul Kadir Mukri, 27, luka ringan, alamat Jalan Melur Tugu 4, RT 005/09, Jakarta Utara.

2. Pardomoan, 35, luka berat, Bendungan Hilir, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

3. Pujowidodo, luka berat, alamat belum diketahui.

4. Zulhari, luka berat.

5. Robi, luka berat.

6. Ahmad Abdul Qodir Jaelani, 13, patah kaki sebelah kanan.

7. Noval S, luka ringan.

RS Mitra:
1. Wahyudi, 35, luka ringan, Kampung Mangga RT 013/002, Tugu Selatan, Jakarta Utara.

2. Nugroho Laksono, 34, luka berat, Perumahan Mega Regency, Blok C No 18 RT 001/10, Bulak Kapal, Bekasi.

3. Nurmansyah, 31, luka berat, Jalan Gedung Laut No 75, RT 002/07, Kelurahan Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara.

Mobil Anak Ahmad Dhani Tabrak Gran Max, 5 Orang Tewas

Saturday, September 7, 2013

Penyebab Kuota Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai Untuk Mendownload- Jika anda merupakan pengguna Internet berasaskan tanpa wayar (wireless broadband), sudah pasti anda sudah maklum dengan perkataan kouta. Hampir setiap pakej wireless broadband menghadkan penggunaan data maksimum kepada para penggunanya mengikut harga yang dibayar. Jika kuota telah dihabiskan sebelum tamat billing cycle kemungkinan yang mungkin timbul adalah akses anda disekat atau kelajuan Internet anda akan dikurangkan ke satu tahap yang dianggap ‘mustahil’ untuk digunakan. Ini berbeza dengan pengguna yang menggunakan Internet berasaskan talian tetap (fixed broadband) yang tidak mempunyai had data tertentu.
Masalah yang sering diutarakan oleh pengguna wireless broadband adalah kuota mereka cepat habis walaupun belum mencapai billing cycle dalam satu-satu bulan tersebut. Entri ini akan membincangkan tentang sebab-sebab mengapa kuota Internet boleh habis walaupun pada zahirnya pengguna tersebut bukanlah individu yang gemar memuat turun fail-fail besar atau torrent.

Kemungkinan 1: Windows Update Di Set Ke Mod ‘Automatik’

Pengguna sistem operasi Windows sudah pasti maklum akan fungsi Windows Update, di mana sistem akan memuat turun fail-fail kritikal (kemaskini) yang diperlukan oleh Windows secara berkala untuk ia berfungsi secara optimum. Fungsi ini lazimnya disetkan untuk memuat turun kemaskini secara automatik tanpa sebarang campur tangan pengguna PC.
Walau bagaimanapun, jika anda seorang pengguna wireless broadband, fungsi Windows Update ini boleh memakan kuota data anda secara tidak langsung. Disebabkan ia berfungsi secara belakang tabir, setiap kali pengguna membuat sambungan ke Internet, Windows Update akan menghubungi server Microsoft untuk mencari kemaskini terbaru dan memuat turunnya ke PC pengguna secara automatik. Fail-fail kemaskini ini terdiri dari pelbagai saiz, dari sekecil-kecil 100kb sehinggalah mencecah 100MB! Secara kumulatif, bukanlah sesuatu perkara yang luar biasa untuk Windows Update untuk menggunakan sehingga 500MB pada setiap bulan, bergantung kepada jumlah kemaskini yang dikeluarkan oleh pihak Microsoft.
Langkah pencegahan yang boleh diambil adalah dengan menetapkan Windows Update agar memuat turun kemaskini yang dipilih oleh anda sendiri. Apabila arahan ini dihidupkan, Windows Update akan menyenaraikan semua kemaskini yang boleh dimuat turun dan pengguna boleh memilih sendiri kemaskini yang diingini secara manual. Untuk mengaktifkan arahan ini, tekan butang START dan di ruangan search, taip ‘Windows Update’ dan tekan ENTER. Selepas tetingkap Windows Update dipaparkan, pilih ‘Change Setting’ di sidebar kiri. Tetingkap seperti di bawah ini akan terpapar. Pada ruangan Important Updates, pilih pilihan ‘Check for updates but let me choose whether to download or install them’. Kemudian tekan OK.
Pilihan seperti di atas perlu dilakukan.
Apabila anda membuat sambungan ke Internet selepas ini, Windows Update tidak akan memuat turun kemaskini secara automatik, sebaliknya, anda boleh memilih kemaskini yang ingin dimuat turun. Jika anda mempunyai extra quota to spare anda boleh memilih untuk muat turun fail-fail kemaskini yang besar. Jika tidak, pilihlah fail-fail kemaskini bersaiz kecil.

Kemungkinan 2: YouTube

Anda minat menonton klip video lagu-lagu jiwang atau tangkap leleh di YouTube hampir setiap hari di waktu senggang? Jika ya, saya ada berita baik untuk anda. YouTube merupakan antara penyumbang utama dalam menghabiskan kuota Internet anda. Ini adalah fakta, bukan auta. Biar saya terangkan.
Apa yang ada di YouTube? Betul, video. Apakah asalnya video itu? Video adalah gabungan antara gambar dan bunyi (yang menerbitkan istilah audiovisual). Video adalah koleksi gambar yang disusun dan dimainkan supaya nampak bergerak (motion-play). Ditambah dengan kesan bunyi, ini menerangkan mengapa video yang berdurasi hanya 3 minit boleh menerbitkan saiz sehingga 30MB. Asasnya, semakin cantik sesuatu video itu, semakin tinggi nisbah saiznya per minit tayangan.

Asas bagaimana 'streaming' berfungsi.
OK, penerangan tadi adalah fundamental kepada video. Sekarang kita akan melihat bagaimana cara YouTube bekerja, bagaimana anda boleh menonton video di YouTube. Konsep YouTube secara asasnya adalah menggunakan progressive streaming iaitu data video akan dimuat turun secara berperingkat ke PC anda sebelum ia dimainkan. Lihat perkataan yang saya tebalkan, saya ada sebut muat turun bukan? Ya, anda sebenarnya muat turun video tersebut ke dalam PC anda setiap kali anda menonton.
Nanti sekejap, kalau konsepnya muat turun dan tayang, mana pergi video tersebut? Apabila anda menekan butang play di YouTube, fail video tersebut dipecahkan kepada paket kecil dan dimuat turun ke dalam PC anda, dan selepas beberapa paket asas telah dimuat turun (konsep buffering), video tersebut akan mula bergerak dan pada masa yang sama PC anda terus memuat turun baki paket-paket data video tersebut sehingga habis durasinya (perhatikan progress bar YouTube, anda dapat lihat sendiri berapa banyak yang telah dimuat turun). Data video ini dimuat turun ke PC anda dan disimpan di dalam cache pelayar web. Selepas anda selesai menonton video tersebut, data tersebut akan dibuang serta merta secara automatik untuk menjimatkan ruang PC anda.
Berapakah saiz video YouTube? Bergantung kepada jenis video tersebut (240, 360, 720p/HD) dan secara asasnya, semakin tinggi jenis/kualiti video tersebut, semakin besar saiznya. Satu video YouTube standard (240) berdurasi 5 minit boleh memakan secara purata 10MB kuota Internet anda. Jika anda menonton 3 video sehari selama 30 hari, maka secara puratanya anda boleh menghabiskan 10MB x 3 x 30 hari = 900MB! Terkejut? Ya, ini adalah fakta.
Sebab itulah kebanyakan ISP (Internet Service Provider) menggalakkan anda menggunakan fixed broadband seperti Streamyx atau UniFi untuk menonton YouTube atau media streaming kerana tiada had kuota dan lebih stabil. Wireless broadband  sebenarnya dicipta untuk penggunaan ringan atau sederhana di luar, dan penggunaan Internet yang sebenarnya adalah di rumah/pejabat. Wireless broadband adalah pelengkap (complementary) dan bukannya medium utama. Tidak menjadi masalah untuk menggunakan wireless broadband  untuk membuat kerja-kerja kritikal tetapi anda perlu sentiasa berwaspada dengan had kuota pakej anda.
Untuk mengatasi masalah cepat habis kuota apabila menonton video di YouTube, langkah berikut boleh diambil,
PERTAMA: Had kan penggunaan YouTube. Jika anda mempunyai tabiat menonton video YouTube setiap hari, cuba kurangkan kekerapan menonton kepada 3 kali seminggu.
KEDUA: Pilih saiz video yang paling minimum. Berdasarkan pengalaman saya, saiz 360 sudah memadai untuk melihat video dengan jelas. Tidak perlu memilih sehingga 720p atau 1080p yang sudah tentu memakan lebih banyak kuota fail.
KETIGA: Dapatkan fixed broadband seperti Streamyx atau UniFi jika mampu, dan gunakan wireless broadband  untuk urusan dan kerja-kerja di luar rumah.

Kesimpulan

Terdapat banyak kemungkinan mengapa kuota wireless broadband anda boleh kehabisan sebelum waktunya, tetapi kemungkinan-kemungkinan yang dibincangkan di atas merupakan sebab yang popular dan sering berlaku. Sememangnya, disiplin dan pengurusan dalam penggunaan Internet adalah perlu jika kita terikat dengan beberapa syarat atau had seperti kuota penggunaan ataupun kontrak.

Penyebab Kuota Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai Untuk Mendownload

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.