Thursday, March 13, 2014

Windows 32 bit(x86) dan 64 bit (x64)

Ketika akan mendownload OS misalnya saja windows 7,kita biasanya dihadapkan oleh dua pilihan yaitu windows 7 32-bit(x86) dan windows 7 64-bit (x64).      Sebelum mendownloadnya pasti banyak yang bertanya-tanya, apa itu 32bit dan 64bit?? Lalu mana yang harus dipilih yang 32-bit atau 64-bit?? Selain itu apa bedanya antara 32-bit dan 64-bit??

     Sebelum mendownload dan menginstallnya di pc atau laptop, ada baiknya kita mengetahui apa itu Windows 32-bit dan 64-bit juga kelebihan dan kelemahan keduanya.
Arsitektur 32-bit dan 64-bit mengacu pada arsiektur processor.  Processor 32 bit artinya registernya (unit penyimpanan data terkecil di dalamnya) berukuran 32-bit.  Processor 64-bit artinya register-registernya berukuran 64-bit.
     Pada processor, jumlah bit menyatakan panjang atau jumlah data yang langsung dapat diproses dalam satu langkah. Seperti CPU 32-bit, artinya processor dapat memproses sebuah instruksi sepanjang 32 bit dalam satu clock cycle. Jadi 64-bit processor adalah CPU yang mampu memiliki kapasitas mengolah instruksi sepanjang 64-bit dalam satu clock cycle.
     Selain hal tersebut, Windows dengan arsitektur 32 bit memiliki batasan penggunaan RAM sebesar 4GB selebihnya RAM yang dipasang lebih dari 4GB pada Windows 32-bit tidak ada gunanya, misalnya, PC/Laptop terpasang RAM sebesar 5GB, maka yang terbaca di hanya 4GB saja.

Apa Keuntungan menggunakan Windows 64 bit?
     Jika sering melakukan pekerjaan yang berat dan memakan memori yang anyak (misalkan editing video dan gambar) maka Windows 64-bit lebih tepat digunakan karena akan memberikan kinerja yang lebih baik daripada Windows 32-bit.  Ini disebabkan Windows 64-bit mensupport memori hingga 192GB, sedangkan Windows 32-bit hanya mensupport memori hingga 4GB.  Keuntungan lain dari Windows 7 64-bit adalah dari segi keamanan, lebih aman dibandingkan Windows 7 32-bit, karena driver Windows 7 64-bit harus benar-benar tersertifikasi oleh vendor si pembuat hardware, jadi sangat sulit untuk disusupi oleh program jahat.


Apakah Laptop atau komputer saya bisa menjalankan Windows 7 64-bit?
      Jika kita baru membeli sebuah komputer dengan teknologi terbaru dan terkini pada umumnya telah support dan mampu menjalankan Windows 62-bit, Kecuali jika prosesor yang anda gunakan merupakan prosesor yang lowend misal Laptop dengan Prosesor Intel Atom atau Intel Core Duo ke bawah. Namun jika anda menggunakan prosesor sekelas Intel Core 2 Duo maka bisa dipastikan bahwa komputer anda mampu dan bisa menjalankan Windows versi 64-bit. Jika anda masih ragu-ragu ada baiknya guna program Prosesor Identifikasi dari Intel untuk mengetahui apakah prosesor anda telah suppport Windows 7 64-bit atau tidak.


     Jad, ketika ingin menginstall Windows antara Windows 32-bit dan Windows 64-bit, disesuaikan dengan kebutuhan saja.  Jika ingin melakukan pekerjaan yang berat dan memakan memori yang banyak, Windows 64-bit merupakan pilihan yang tepat, tetapi jika hanya digunakan untuk kebutuhan biasa sehari-hari, misalnya untuk browsing, mengetik, dan bermain game ringan, Windows 32-bit merupakan pilihan yang tepat.

NB: Jika ingin mendeteksi apakah processor yang kita miliki support Windows 64-bit atau tidak, bisa mendownload aplikasinya DISINI

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.