Thursday, February 26, 2015

Cara Mengisi, Membuat + Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan Padamu Negeri 2015

Pada fitur tahun sekarang ini, website padamu negeri jadi semakin lengkap meskipun kesannya memberikan tambahan pekerjaan bagi para Operator Sekolah Seluruh Indonesia. Tapi, jangan terlalu dipikirkan karena semua itu demi kemajuan sekolah kita juga. Nah, bagi para OPS yang kesulitan melakukan pengisian data Jadwal Kelas Mingguan di website Padamu Negeri maka silahkan ikuti langkah-langkah atau panduan di bawah ini secara lengkap :


Inilah Cara Mengisi, Membuat + Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan Padamu Negeri 2015
Inilah Cara Mengisi, Membuat + Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan Padamu Negeri 2015
Selanjutnya, pada Dasbor Kurikulum,  pilih menu Daftar Mata Pelajaran
Selanjutnya pilih Kurikulum, klik tombol Pilih Kurikulum, dan tentukan kurikulum yang akan diterapkan. (KTSP/ Kurikulum 2013). 
Akan ditampilkan daftar mata pelajaran pada kurikulum yang Anda pilih.
Lakukan sinkronisasi mata pelajaran dari kurikulum nasional kedalam kurikulum yang Anda pilih, klik tombol Sinkronisasi Data
Pilih Tingkat Mata Pelajaran yang akan di sinkronisasi. Singkronisasi Mata Pelajaran digunakan untuk menyalin Mata Pelajaran yang sudah tercatat pada sistem. Daftar Mata pelajaran yang disalin sesuai dengan pilihan tingkat yang dipilih. Klik Lanjut jika sudah sesuai. 
Konfirmasi Mata Pelajaran, jika telah sesuai klik Simpan >> Ok.
Berikut hasil dari sinkronisasi mata pelajaran dengan kurikulum nasional. Untuk menambah atau membuat mata pelajaran baru, klik tombol [+] seperti pada gambar. 
Isi data Mapel yang diinginkan, klik Simpan jika telah sesuai. 
Pengaturan Data Siswa (Tambah Siswa)
Untuk mengolah atau mengatur data siswa, baik menambah atau mengedit siswa, silakan menuju tautan berikut, klik untuk melihat Panduan Tambah Siswa.
Set Kelas / Rombel
Ikuti langkah berikut untuk set kelas/rombel :
Pada menu Sekolah, pilih submenu Kelas.
Selanjutnya pilih Daftar Kelas pada dasbor kelas.
Akan ditampilkan daftar kelas yang pernah Anda buat sebelumnya.
Untuk membuat kelas / rombel baru, silakan klik tombol [+] seperti pada gambar di bawah ini.
Isi data kelas/rombel baru tersebut, klik Simpan jika sudah sesuai.
Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman baru, yaitu halaman untuk mengisi Peserta Kelas ke dalam kelas/rombel baru yang baru saja Anda buat. Klik tombol [+] untuk memulai memasukan peserta kelas ke dalam kelas tersebut.
Pada kotak dialog yang muncul, akan ditampilkan daftar siswa yang dapat ditambahkan ke dalam kelas baru tersebut. Ikuti langkah seperti pada gambar di bawah ini.
Selamat kelas/rombel baru yang telah Anda buat telah memiliki peserta kelas.
Buat Model Jadwal Baru
Sebelum Anda membuat jadwal kelas mingguan, tentukan dahulu model jadwal yang akan digunakan pada masing-masing kelas. Ikuti langkah berikut untuk menset model jadwal maupun membuat model jadwal baru :
Pilih submenu Jadwal pada menu Sekolah.
Pada dasbor Jadwal, pilih Kelola Model untuk Jadwal Kelas.
Pada halaman baru yang muncul, klik tombol Buat Model baru.
Isi data Model Jadwal Baru. Klik Simpan jika sudah sesuai.
Selanjutnya, akan ditampilkan template default model jadwal sesuai jumlah jam belajar mengajar yang telah Anda tentukan sebelumnnya.
Isikan data jadwal pelajaran / tatap muka pada tabel, klik pada kolom seperti pada gambar untuk mengisikan kegiatan.
Edit kegiatan tiap jam tatap muka sesuai peraturan sekolah Anda. Pilih jenis kegiatan dan durasi kegiatan tersebut, misal hari Senin jam pertama adalah Upacara. Klik Tombol Simpan jika sudah benar.
Model jadwal berhasil dibuat. Ulangi langkah ke-3 untuk membuat Model Jadwal yang lainnya. Berikut contoh hasil akhir Model Jadwal yang telah dibuat.
Memasukan Model Jadwal ke dalam Kelas
Untuk memasukan Model jadwal yang telah Anda buat ke dalam masing-masing kelas, silahkan kembali ke halaman dasbor Jadwal, pilih menu Jadwal Kelas >> Lihat Jadwal Mingguan >> Klik tombol Pilih Kelas.
Pilih model jadwal yang akan dimasukkan pada kelas tersebut. Klik icon gear seperti pada gambar, pilih model jadwal yang sesuai. Klik Ya  untuk melanjutkan.
Untuk memasukan mata pelajaran pada tiap jadwal jam tatap muka, klik pada kolom yang masih kosong seperti pada gambar.
Isikan data kegiatan yang diinginkan. Klik tombol Simpan jika sudah sesuai. 
Ulangi langkah diatas  hingga semua kolom terisi dengan kegiatan tatap muka. Berikut hasil akhir pembuatan jadwal kelas mingguan. 



Semoga dapat bermanfa'at

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.