Wednesday, September 16, 2015

Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa Baru Melalui Verval PD

Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa Baru Melalui Verval PD - NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah Nomor induk yang digunakan untuk mengidentifikasi bahwa siswa dalam suatu sekolah sudah terdaftar secara nasional dalam kementrian pendidikan. 

NISN ini sifatnya penting karena berguna untuk syarat berbagai macam hal, seperti Ujian Sekolah/Nasional, Beasiswa, BSM, dll. Oleh karena itu diwajibkan kepada setiap siswa agar memiliki NISN. Tidak seperti dulu, sekarang ini untuk mendapatkan NISN sangat mudah.

Pertama, data siswa diinputkan kedalam aplikasi Dapodik, kemudian Operator Sekolah melakukan sinkronisasi. Setelah kurang lebih 2x24 jam maka hasil sinkronisasi tersebut akan masuk ke dalam database halaman verval pd yang terintegrasi dengan Dapodik. Dari verval pd inilah data siswa baru tersebut akan diajukan agar mendapat NISN.

Silahkan ikuti langkah-langkahnya untuk Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa Baru Melalui Verval PD di bawah ini:

1. Buka laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Login menggunakan email dan password Dapodik anda. Jika gagal login/tidak bisa login berarti Anda harus melakukan registrasi ulang.

Baca : Cara Registrasi Operator Sekolah Untuk Verval PD
 
wimaogawa.blogspot.com
2. Pastikan siswa baru sudah diinput dalam aplikasi Dapodik dan sudah melakukan sinkronisasi. Siswa baru akan masuk ke dalam database verval pd kurang lebih 2x24 jam.

Setelah berhasil login maka akan muncul tampilan seperti yang ditunjukan gambar di bawah ini. Klik Residu untuk melihat data siswa baru.

wimaogawa.blogspot.com
  
3. Selanjutnya klik nama siswa satu persatu dan klik tombol Not Match.

wimaogawa.blogspot.com

4. Akan muncul dialog konfirmasi, klik Ok. Lakukan sampai siswa yang terdapat pada residu habis.


5. Setelah Residu Kosong selanjutnya pilih menu "Konfirmasi Data". Di dalam Konfirmasi data terdapat nama-nama siswa baru tadi. Jika sekiranya tidak menemukan masalah centang semua nama siswa kemudian klik OK.

wimaogawa.blogspot.com

6. Terakhir pilih menu "Referensi" untuk mengecek apakah siswa baru sudah masuk dalam daftar kolektif siswa.

wimaogawa.blogspot.com

Demikianlah yang bisa saya share tentang Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa Baru Melalui Verval PD, semoga bermanfaat.

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.